NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA DALAM FILM BUMI ITU BULAT KARYA ROBERT RONNY (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE)

Nadaa, Salsabilah (2024) NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA DALAM FILM BUMI ITU BULAT KARYA ROBERT RONNY (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nadaa Salsabilah_NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA DALAM FILM BUMI ITU BULAT KARYA ROBERT RONNY (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Toleransi antar umat beragama dimaknai sebagai sikap menerima, mengakui, menghormati, dan menghargai keyakinan orang lain. Timbulnya konflik rentan terjadi karena adanya rasa individualis yang masih ditampakkan ketika sedang berhubungan sosial. Melalui pembiasaan dan pengkajian sejak dini terkait nilai toleransi beragama di negara multikultural seperti Indonesia yang memiliki keanekaragaman, menjadi penting untuk dimiliki setiap individu guna mewujudkan kehidupan yang nyaman, aman tanpa adanya perpecahan di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah makna tanda nilai toleransi beragama pada film Bumi Itu Bulat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan riset kepustakaan, menggunakan pendekatan semiotik Charles Sanders Peirce. Penulis tertarik menggunakan teori semiotika ini untuk memperdalam pola kerja dari triangle meaning yang dijabarkan dalam analisis Trikotomi untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian. Semiotika Charles menggunakan istilah sign sebagai bentuk tanda awal, kemudian object sebagai acuan yang merujuk pada tanda dan interpretant sebagai pemaknaan. Hasil penelitian ini diantaranya adalah makna toleransi beragama yang ditunjukkan melalui 4 nilai toleransi beragama yaitu nilai setuju akan perbedaan (agree in disagreement), nilai menghormati keyakinan orang lain, nilai mempererat dan memelihara persaudaraan, serta nilai saling menghargai keyakinan orang lain yang terdapat dalam film Bumi Itu Bulat Karya Robert Ronny. Kata kunci: Nilai-nilai toleransi beragama, Film, Semiotika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai toleransi beragama, Film, Semiotika.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.79 Seni Drama, Sinetron, Film
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sdri. Nadaa Salsabilah
Date Deposited: 23 Apr 2024 06:53
Last Modified: 23 Apr 2024 06:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24129

Actions (login required)

View Item View Item