PENGARUH RELIGIUSITAS, LITERASI HALAL DAN HALAL AWARENESS TERHADAP PENGAJUAN SERTIFIKASI HALAL (STUDI PADA PRODUSEN MAKANAN DAN MINUMAN PADA ASOSIASI USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) KEBUMEN )

Bahjatun, Nangimah (2024) PENGARUH RELIGIUSITAS, LITERASI HALAL DAN HALAL AWARENESS TERHADAP PENGAJUAN SERTIFIKASI HALAL (STUDI PADA PRODUSEN MAKANAN DAN MINUMAN PADA ASOSIASI USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) KEBUMEN ). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Bahjatun Nangimah_Pengaruh Religiusitas, Literasi Halal dan Halal Awareness Terhadap Pengajuan Sertifikasi Halal (Studi Pada Produsen Makanan dan Minuman Pada Asosiasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kebumen).pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan pasar konsumen produk halal yang sangat potensial, sehingga pemerintah Indonesia memiliki sebuah visi besar yang ingin diwujudkan pada tahun 2024 mendatang yaitu menjadikan Indonesia sebagai pusat halal terkemuka dunia. Salah satu komitmen pemerintah untuk mewujudkan visi ini yaitu melalui adanya akselerasi atau percepatan implementasi jaminan produk halal melalui sertifikasi halal bagi para pelaku usaha. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pelaku usaha terhadap pengajuan sertifikasi halal antara lain yaitu, religiusitas, literasi halal dan halal awareness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, literasi halal dan halal awareness terhadap pengajuan sertifikasi halal produsen makanan dan minuman pada Asosiasi UKM Kebumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 150 orang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 orang dengan menggunakan purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yaitu dengan penyebaran kuesioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan korelasi Rank Spearman, Konkordansi Kendall’s W dan regresi ordinal. Hasil uji Rank Spearman menunjukan jika religiusitas, literasi halal dan halal awareness berpengaruh terhadap pengajuan sertifikasi halal. Pada uji Kendall’s W menunjukan adanya korelasi yang sangat kuat dan signifikan serta memiliki nilai arah positif antara religiusitas, literasi halal dan halal awareness terhadap pengajuan sertifikasi halal. Hasil analisis regresi ordinal pada model parameter estimates menunjukan secara parsial religiusitas, literasi halal, dan halal awareness berpengaruh terhadap pengajuan sertifikasi halal, dan secara simultan religiusitas, literasi halal dan halal awareness juga berpengaruh terhadap pengajuan sertifikasi halal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Literasi Halal, Halal Awareness dan Pengajuan Sertifikasi Halal
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Bahjatun Nangimah sdri
Date Deposited: 23 Apr 2024 06:49
Last Modified: 23 Apr 2024 06:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24123

Actions (login required)

View Item View Item