IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATERI AKIDAH AKHLAK DI MI MA'ARIF NU 01 KAJONGAN KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA

Sania Agus, Winanda (2024) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATERI AKIDAH AKHLAK DI MI MA'ARIF NU 01 KAJONGAN KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Sania Agus Winanda_Implementasi Strategi Pembelajaran Snowball Throwing Pada Materi Akiah Akhlak Di MI Ma'arif NU 01 Kajongan Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK: Keberhasilan peserta didik disekolah, dilihat berdasarkan proses belajar yang baik dan berkualitas sehingga bisa mencapai tujuan pembelajaran. Masih banyak guru yang menyampaikan materi pelajaran dengan metode klasik tanpa dikombinasikan dengan strategi pembelajaran yang mumpuni. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran snowball throwing pada materi akidah akhlak di MI Ma’arif NU 01 Kajongan Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga. Metode penelitian menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di MI Ma’arif NU 01 Kajongan Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga. Subjek penelitian adalah guru akidah akhlak kelas 3B, kepala madrasah, serta siswa-siswi kelas 3B di MI Ma’arif NU 01 Kajongan Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi dari strategi pembelajaran snowball throwing pada materi akidah akhlak kelas 3 mampu meningkatkan kemampuan pemahaman peserta didik tehadap materi dan juga meningkatkan keaktifan peserta didik. Hal ini bisa dilihat dari antusias peserta didik dalam menjawab pertanyaan yang sudah disediakan dan terlihat saling bekerjasama dalam satu kelompok. Pelaksanaan strategi pembelajaran snowball throwing pada materi akidah akhlak di MI Ma’arif NU 01 Kajongan Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga meliputi yang pertama guru menjelaskan tujuan pembelajaran serta menyampaikan materi, kemudian guru membentuk kelompok terdiri dari 6-8 peserta didik. Guru membuat soal lalu membentuknya menjadi bola dan memanggil ketua kelompok, ketua kelompok kembali ketempat dan bersiap estafet bola kertasnya dengan iringan lagu balonku. Yang mendapatkan bola terakhir maka ia yang akan menjawab pertanyaan yang ada di bola kertas, evaluasi dan yang terakhir penutup. Rangkaian pelaksanaan strategi snowball throwing terbukti mampu meningkatkan pemahaman para peserta didik dan juga meningkatkan keakifan peserta didik dalam pembelajaran. ABSTRACT: The success of students in school is seen based on a good and quality learning process so that they can the learning objectives. There are still many teachers delivering lessons in classical methods without combining them with a focused learning strategy. The aim of this study is to describe the implementation of the snowball throwing learning model on academic materials at MI Ma’arif NU 01 Kajongan Bojongsari Subdistrict Purbalingga Regency. The research method uses field research with a qualitative descriptive approach with methods of data collection observations, interviews, and documentation. The subjects of the research are 3B class academia teachers, head of the madrasah, as well as 3B grade students at MI Ma’arif NU 01 Kajongan Bojongsari Subdistrict Purbalingga Regency. The results of the research show that the implementation of snowball throwing learning strategies on class 3 academic materials can improve the ability of students to understand the material and also improve the activity of students. It can be seen from the enthusiasm of the students in answering the questions that have been provided and seen each other cooperate in a group. Implementation of the learning strategy of snowball throwing on the academia material in MI Ma’arif NU 01 Kajongan Bojongsari Subdistrict Purbalingga Regency covers the first teacher explains the purpose of learning as well as delivering the material, then the teacher forms a group consisting of 6-8 students. The teacher makes a question and then forms it into a ball and calls the leader of the group back to his place and prepares his paper ball staff with the song of my balloon. Whoever gets the last ball then he will answer the questions on the balloon, the evaluation and the last closing. A series of implementation of snowball throwing strategies has been shown to enhance the understanding of the students and also improve the student’s integrity in learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Snowball Throwing, Materi Akidah Akhlak Learning Strategies, Snowball Throwing, Moral Creed Material
Subjects: 2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.07 Pendidikan, Penelitian Aqaid dan ilmu kalam
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sania Agus Winanda sdri
Date Deposited: 23 Apr 2024 06:47
Last Modified: 23 Apr 2024 06:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24122

Actions (login required)

View Item View Item