STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA BERBASIS BUDI DAYA KELAPA GENJAH ENTOK DI AGROWISATA TUNGGUL MAS, KARANGGINTUNG KEMRANJEN BANYUMAS

Nur, Atikadewi (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA BERBASIS BUDI DAYA KELAPA GENJAH ENTOK DI AGROWISATA TUNGGUL MAS, KARANGGINTUNG KEMRANJEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR ATIKADEWI UPLOAD 3.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Budi daya tanaman genjah Entok yang menjadi salah satu agrowisata di Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas atau lebih dikenal dengan Argowisata Tunggul Mas dalam penghasilan rata-rata setiap bulannya cenderung sama. Meskipun jumlah pengunjung dan penjualan tiket dalam setiap tahunnya meningkat, hal itu tidak bisa menutup operasional yang dikeluarkan pengelola agrowisata tersebut. Agrowisata Tunggul Mas belum berkembang sebagaimana yang diharapkan. Kurangnya media promosi, aksesibilitas yang kurang memadai karena lokasi yang jauh dari pusat kota dan kurangnya petunjuk arah, tidak tersedianya transportasi umum, dan kurangnya sumber daya manusia yang bekerja di agrowisata tersebut menjadi beberapa penyebab masalah yang perlu diperhatikan. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis strategi pengembangan dan analisis SWOT dalam strategi pengembangan agrowisata Tunggul Mas Karanggintung Kemranjen Banyumas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dimana peneliti melakukan penelitian secara langsung ke lokasi penelitian yaitu Agrowisata Tunggul Mas Karanggintung Kemranjen Banyumas pada bulan Agustus sampai November 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa agrowisata Tunggul Mas merupakan tempat wisata berbasis pertanian dengan daya tarik utamanya pohon kelapa genjah Entok dan pemandangan serta suasana yang menenangkan menjadi faktor kekuatannya. Sedangkan sumber daya manusia yang terbatas, media promosi dan manajemen yang belum tertata dengan baik dan lokasi yang kurang strategis menjadi faktor penghambat pengembangan agrowisata. Alternatif strategi pengembangan yang dapat diterapkan di agrowisata Tunggul Mas yaitu dengan meningkatkan pemanfaatan teknologi untuk promosi wisata, menambah sumber daya manusia yang berkualitas dan terdidik, menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, meningkatkan fasilitas dan kualitas produk sehingga berpeluang sebagai bisnis dengan jangka waktu yang lama dan wisata berskala nasional, serta menambah paket wisata unggulan yang berbeda dengan tempat wisata lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Agrowisata, Budi Daya, Kelapa Genjah Entok, Analisis SWOT
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Atikadewi sdri
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:29
Last Modified: 24 Apr 2024 01:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24121

Actions (login required)

View Item View Item