PEMBERDAYAAN EKONOMI KREATIF MELALUI KERAJINAN BATIK TULIS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN TARAF HIDUP MASYARAKAT

MERRY, ROSLIYANA (2024) PEMBERDAYAAN EKONOMI KREATIF MELALUI KERAJINAN BATIK TULIS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN TARAF HIDUP MASYARAKAT. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
MERRY ROSLIYANA DEWI_PEMBERDAYAAN EKONOMI KREATIF MELALUI KERAJINAN BATIK TULIS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN TARAF HIDUP MASYARAKAT.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena mengingat banyaknya ibu – ibu yang mempunyai kemampuan dalam keterampilan membatik namun tidak dikembangkan dan tidak dimanfaatkan sebagai peluang untuk membangun usaha, sehingga pemerintah Desa Gumelem Wetan mencanangkan program pemberdayaan ekonomi kreatif melalui kerajinan batik tulis sebagai upaya untuk menambah kemampuan atau keterampilan masyarakat tentang membatik. Sehingga dari kemampuan yang didapatkan, masyarakat diharapkan dapat membentuk usaha batik tulis yang dapat memberikan solusi terhadap permasalahan ekonomi, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Untuk mengumpulkan data dilakukan dengan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, mengatakan bahwa proses dari pemberdayaan masyarakat melalui kerajinan batik tulis di Desa Gumelem Wetan yaitu 1. masyarakat mengikuti pelatihan membatik/tutorial membatik, masyarakat belajar mulai dari membuat pola batik hingga proses pewarnaan alam, masyarakat belajar terkait proses pewarnaan jumputan, dan masyarakat belajar mengenai digital marketing. 2. Dengan mengikuti pelatihan membatik yang sifatnya tradisional ini juga mampu membuat masyarakat lebih berdaya dengan mengasah kemampuan masyarakat melalui batik tulis, mengembangkan kreativitas masyarakat, dan bahkan mampu meningkatkan pendapatan keluarga. Program pemberdayaan masyarakat melalui kerajinan batik tulis ini dapat dikatakan berhasil membuat masyarakat Desa Gumelem Wetan menjadi lebih berdaya dengan kemampuan membatik yang dimilikinya, masyarakat menjadi lebih produktif, mampu menyalurkan kreativitasnya melalui kerajinan batik tulis dan bahkan beberapa masyarakat bisa mendirikan usaha batik tulis yaitu kelompok usaha bersama batik Tulis Warna Alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Kreatif, Proses Pemberdayaan, Taraf Hidup
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: MERRY ROSLIYANA DEWI sdri
Date Deposited: 23 Apr 2024 06:40
Last Modified: 23 Apr 2024 06:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24120

Actions (login required)

View Item View Item