PENERAPAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) DI MI MUHAMMADIYAH SIDABOWA, BANYUMAS

Asha, Adiawantri (2024) PENERAPAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) DI MI MUHAMMADIYAH SIDABOWA, BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ASHA ADIAWANTRI_PENERAPAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) DI MI MUHAMMADIYAH SIDABOWA, BANYUMAS.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai perantara dalam penyampaian materi pembelajaran oleh pendidik kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media benda konkret adalah salah satu media yang diterapkan oleh guru kelas IV di MI Muhammadiyah Sidabowa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media benda konkret pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di MI Muhammadiyah Sidabowa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di MI Muhammadiyah Sidabowa, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas. Dengan subjek penelitian adalah guru kelas IV, siswa kelas IV dan kepala madrasah. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media benda konkret pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV tidak dimodifikasi atau merupakan benda asli, contohnya daun pandan, air, sinar matahari, pohon bayam, bunga sepatu dan sebagainya. Dalam penerapan media benda konkret memiliki beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Media Pembelajaran Konkret, Penerapan Media Pembelajaran Konkret, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS).
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 370.7 Research and Statistical Methods
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asha Adiawantri sdri
Date Deposited: 23 Apr 2024 04:19
Last Modified: 23 Apr 2024 04:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24105

Actions (login required)

View Item View Item