Manajemen Kurikulum Program Full Day School Di SMK Negeri 1 Purwokerto

Novinda, Rahma Wahyuningsih (2024) Manajemen Kurikulum Program Full Day School Di SMK Negeri 1 Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Sifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Novinda Rahma Wahyunigsih_Manajemen Program Full Day School Di SMK Negeri 1 Purwokerto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu karya cerdik para pemikir pendidikan adalah full day school. Untuk menyiasati kurangnya kontrol orang tua terhadap anak di luar jam sekolah, banyak hal yang dijanjikan dalam program full day school seperti kesempaatan belajar lebih luas, guru bebas menambahkan materi, bahkan mengatur waktu agar lebih kondusif. Meski demikian, lembaga pendidikan dengan sistem full day school harus didukung dengan manajemen atau pengelolaan yang baik. Program full day school dikembangkan untuk dapat memberikan suatu dampak positif dalam pembelajaan. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Objek penelitian ini akan berbicara mengenai bagaimana manajemen program full day school dapat berjalan di sekolah kejuruan. Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data, penulis menggunakan metode reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan manajemen program full day school di SMK Negeri 1 Purwokerto telah berjalan dengan baik. Manajemen program full day school yang ada di SMK Negeri 1 Purwokerto , meliputi: (1) Perencanaan, kegiatan awal membentuk Tim Penyusun Kurikulum (TPK), melakukan sinkronisasi dengan IDUKA (Industri Dunia Kerja), pembuatan struktur kurikulum (2) pengorganisasian membentukan struktur organisasi wakil kepala sekolah bidang kurikulum (3) pelaksanaan, dibagi menjadi 3 aspek yaitu pelaksanaan kurikulum, pelaksanaan pembiasaan program full day school, waktu belajar (4) pengawasan dan evaluasi dilakukan oleh Tim PPTK dan supervisi untuk menilai kinerja pendidik serta pencapaian pembelajaran peserta didik. Sedangkan guru melakukan dengan mengambil data yang diperoleh dari LKPD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Program Full Day School
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.2 Miscellany of Education
300 Social sciences > 370 Education > 370.6 Organization of Education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
300 Social sciences > 370 Education > 379 Government regulation, control, support
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Novinda Rahma Wahyunigsih sdri
Date Deposited: 23 Apr 2024 06:09
Last Modified: 23 Apr 2024 06:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24102

Actions (login required)

View Item View Item