STRATEGI PEMASARAN DALAM JUAL BELI BUSANA THRIFT UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DENGAN KONSEP KHIYAR THRIFT SHOP MESIHKANGGO.SCD PURWOKERTO

MUFLIAH, MUFLIAH (2024) STRATEGI PEMASARAN DALAM JUAL BELI BUSANA THRIFT UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DENGAN KONSEP KHIYAR THRIFT SHOP MESIHKANGGO.SCD PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MUFLIAH_STRATEGI PEMASARAN DALAM JUAL BELI BUSANA THRIFT UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN THRIFT SHOP MESIHKANGGO.SCD PURWOKERTO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Berkembangnya thrift yang merupakan pakaian bekas menjadi banyak perdebatan karena dikhawatirkan membawa penyakit. Namun busana thrift juga dapat mendatangkan keuntungan baik untuk pihak penjual maupun pembeli berdasarkan syarat dan ketentuan standarisasi kesehatan. Dalam menjalankan bisnis thrift memerlukan strategi pemasaran yang baik untuk dapat meningkatkan penjualan salah satunya menggunakan konsep khiyar. Khiyar merupakan hak pilih bagi penjual dan pembeli untuk melangsungkan atau membatalkan transaksi jual beli setelah ditemui cacat atau aib pada barang yang ditransaksikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran busana thrift dengan konsep khiyar, bagaimana hambatan dan tantangan strategi pemasaran yang dilakukan, serta apakah dengan strategi pemasaran dengan konsep khiyar mampu meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.sumber data yang diperoleh yaitu sumber data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah strategi yang digunakan thrift shop Mesihkanggo.scd menggunakan paid promote sesama seller, promosi iklan, dan promo bulanan. Adapun hambatan dan tantangan yang dihadapi yaitu kurangnya modal, skill, dan kurang yakin dalam pengambilan keputusan serta tantangannya agar dapat menciptakan strategi pemasaran tanpa mengeluarkan banyak biaya. Strategi pemasaran dengan konsep khiyar dapat meningkatkan penjualan berdasarkan data penjualan dari tahun 2020 hingga tahun 2023. Kata Kunci: Jual beli, strategi pemasaran, khiyar, thrift. ABSTRACT The development of thrift which is used clothing has become a lot of debate because it is feared to bring disease. However, thrift clothing can also bring benefits to both sellers and buyers based on the terms and conditions of health standardization. In running a thrift business requires a good marketing strategy to be able to increase sales, one of which is using the concept of khiyar. Khiyar is the right of choice for sellers and buyers to carry out or cancel a sale and purchase transaction after a defect or disgrace is found in the goods transacted. The purpose of this study is to find out how the thrift fashion marketing strategy with the khiyar concept, how the obstacles and challenges of the marketing strategy are carried out, and whether the marketing strategy with the khiyar concept is able to increase sales. This research uses qualitative research methods.the data sources obtained are primary and secondary data sources with data collection techniques using observation, interviews, and documentation. The results of this study are strategies used by thrift shop Mesihkanggo.scd using paid promote fellow sellers, advertising promotions, and monthly promos. The obstacles and challenges faced are lack of capital, skills, and lack of confidence in decision making and challenges in order to create marketing strategies without spending a lot of money. Marketing strategies with the concept of khiyar can increase sales based on sales data from 2020 to 2023. Keywords: Buy and sell, marketing strategy, khiyar, thrift.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kata kunci: Jual Beli, Strategi Pemasaran, Khiyar, Thrift keywords: Buy and Sell, Marketing Strategy, Khiyar, Thrift
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: MUFLIAH MUFLIAH sdri
Date Deposited: 23 Apr 2024 06:56
Last Modified: 23 Apr 2024 06:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24095

Actions (login required)

View Item View Item