BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO

ATIT, NURAENI (2024) BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ATIT NURAENI.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://repository.uinsaizu.ac.id/

Abstract

Perilaku keagamaan siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, faktor internal seperti pengalaman pribadi mengenai agama yang bersumber dari ajaran di masa kecil dan faktor eskternal seperti lingkungan dan pengaruh media sosial yang mudah diakses oleh banyak kalangan. Sekolah sebagai pendidikan formal tidak hanya sekedar memberikan pembelajaran tetapi juga memberikan bimbingan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam meningkatkan perilaku keagamaan siswa. Metodologi penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Subyek dalam penelitian ini adalah dua guru dan lima siswa yang berdasarkan pada rekomendasi kepala sekolah SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa dalam proses pelaksanaan bimbingan agama di SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto diberikan oleh semua guru sekaligus sebagai peberi bimbingan dengan metode keteladanan, dan kegiatannya melibatkan siswa sebagai pemeran utama seperti pengisi kultum, muhadharah. Pembiasaan pelaksanaan kegiatan keagamaan ini mempengaruhi perilaku keagamaan siswa yang terlihat dari dinamika perilaku keagamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan dan Perilaku Keagamaan Siswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3304 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Atit Nuraeni
Date Deposited: 23 Apr 2024 03:11
Last Modified: 23 Apr 2024 03:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24081

Actions (login required)

View Item View Item