MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP IT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO

Devita, Ika Safitri (2024) MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP IT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEVITA SIDANG 16 APRIL 2024 1 FIKS (1) - Copy (1) (1).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran bahasa Arab bagi anak berkebutuhan khusus adalah suatu pendekatan yang dirancang khusus untuk membantu anak kebutuhan khusus dalam mempelajari bahasa Arab. Model pembelajaran ini berfokus pada memahami kebutuhan individu anak dan memberikan dukungan yang tepat untuk membantu mereka mencapai potensi terbaik mereka. Model pembelajaran merupakan salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan saat mengajar maka dari itu peneliti tertarik mengangkat judul Model Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SMP IT Harapan Bunda Purwokerto yang mana sekolah ini merupakan salah satu sekolah pendidikan inklusi yang mana sekolah ini adalah sekolah yang menyediakan pembelajaran bagi semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini fokus kepada model pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus sebagai objek penelitian. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik anak berkebutuhan khusus dan model yang di gunakan dalam pembelajaran bahasa arab di SMP IT Harapan Bunda. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Arab dan guru pendamping khusus ABK . Hasil dari penelitian ini adalah terdapat beberapa karakteristik anak berkebutuhan khusus yaitu yaitu Speech Delay, Slow Learner, Autism Spectrum, Disleksia. Dan beberapa model pembelajaran yang diterpakan dalam pembelajaran bahasa arab yaitu model pembelajaran langsung, Model pembelajaran Discovery Learning dan Model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Bahasa Arab, karakteristik anak berkebutuhan khusus, pendidikan inklusi.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Devita Ika Safitri sdri
Date Deposited: 23 Apr 2024 04:50
Last Modified: 23 Apr 2024 04:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24065

Actions (login required)

View Item View Item