INTERNALISASI DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMA N 1 REMBANG, PURBALINGGA

Restu, Amarullah (2024) INTERNALISASI DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMA N 1 REMBANG, PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RESTU AMARULLAH_INTERNALISASI DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMA N 1 REMBANG, PURBALINGGA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum terbaru dalam dunia pendidikan Indonesia, yang memuat konsep pelajar pancasila dengan 6 (enam) dimensi pelajar pancasila di dalamnya yang selanjutnya disebut dengan profil pelajar pancasila. Profil pelajar pancasila tentunya penting untuk diinternalisasikan di dalam semua proses pembelajaran yang ada di sekolahan, salah satunya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, demi tercapainya tujuan dari kurikulum merdeka sendiri. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses internalisasi dimensi profil pelajar pancasila dalam pembelajarana Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti di SMA N 1 Rembang, Purbalingga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Case Study Research/penelitian studi kasus yang bersifat deskripitf kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah , guru mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas X dan IX, siswa kelas X dan IX, Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum, dan Kepala Sekolah. Hasil penelitian internalisasi dimensi profil pelajar pancasila dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA N 1 Rembang, Purbalingga yaitu : 1) Proses internalisasi dimensi profil pelajar pancasila dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan, yakni tahap transformasi nilai; tahap transaksi nilai; dan tahap transinternalisasi nilai; 2) Semua dimensi dalam profil pelajar pancasila sudah diinternalisasikan dalam pembelajaran, namun ada beberapa elemen yang belum optimal yakni elemen akhlak bernegara dan elemen akhlak kepada alam; 3) Metode dan strategi yang digunakan yakni Metode Ceramah; Small Group Discussion dan Presentasi; Metode Tanya Jawab; Metode Pembiasaan; Pelatihan Adzan, Khutbah dan bilal Jum‘at; Metode Experiental Learning; Problem Based Learning dan Discovery learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dimensi Profil Pelajar Pancasila, Internalisasi, Kurikulum merdeka, PAI dan Budi Pekerti.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Amarullah sdr
Date Deposited: 23 Apr 2024 01:32
Last Modified: 23 Apr 2024 01:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24060

Actions (login required)

View Item View Item