ANALISIS EFEKTIVITAS MODEL IMPLEMENTASI GREEN BANKING TERHADAP PENYALURAN PEMBIAYAAN PADA BANK SYARIAH (Studi Empiris Pada Bank Syariah Indonesia KC Purwokerto Karangkobar)

Muhammad, Nur Ajizi (2024) ANALISIS EFEKTIVITAS MODEL IMPLEMENTASI GREEN BANKING TERHADAP PENYALURAN PEMBIAYAAN PADA BANK SYARIAH (Studi Empiris Pada Bank Syariah Indonesia KC Purwokerto Karangkobar). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Muhammad Nur Ajizi_ANALISIS EFEKTIVITAS MODEL IMPLEMENTASI GREEN BANKING TERHADAP PENYALURAN PEMBIAYAAN PADA BANK SYARIAH Studi Empiris Pada Bank Syariah Indonesia KC Purwokerto Karangkobar.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Seiring meningkatnya permasalahan lingkungan mendorong perbankan melakukan transformasi dalam perilaku dan kegiatannya yang dikenal dengan istilah green banking. Penerapan green banking merupakan salah satu upaya merubah paradigma lama pembangunan nasional dari greedy economy menjadi green economy yang merupakan pertumbuhan ekonomi yang tetap memperhatikan 3P (people, profit dan planet). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inisiasi praktik green banking pada Bank Syariah Indonesia KC Purwokerto Karangkobar dengan penyaluran pembiayaan serta kebijakan apa saja yang telah diterapkan dalam implementasi praktik green banking yang meupakan belum banyak diteliti di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif mengumpulkan data dengan metode field research (Pendekatan lapangan melalui wawancara langsung terhadap pihak pada Bank Syariah Indonesia KC Purwokerto Karangkobar). teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain operasional manajer dan pegawai bank. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis Model Penerapan Green Banking pada Bank Syariah Indonesia KC Purwokerto Karangkobar dalam menyalurkan pembiayaan kepada pihak nasabah berdasarkan prinsip green banking telah dijalankan efektif sesuai dengan indikator green banking yaitu Carbon Emisi, Green Building, Paperless, Reuse/Recycle/Refurbish Green Rewards Dan Green Invesment. Dan kebijakan dalam penerapan green banking sesuai dalam PJOK Nomor 51/PJOK.03/2017 tentang penerapan keuangan berkelanjutan pada Bank Syariah Indonesia KC Purwokerto Karangkobar telah terlaksana beberapa aspek yaitu edukasi internal, penyesuaian SOP, Pengembangan SDM, penerapan sistem penerpaan teknologi informasi, dan pengelolaan lingkuang internal. Kata kunci: Green Banking, Penyaluran Pembiayaan, Green Economy Triple Bottom line.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Green Banking, Penyaluran Pembiayaan, Green Economy Triple Bottom line.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Muhamad Nur Ajizi
Date Deposited: 23 Apr 2024 01:27
Last Modified: 23 Apr 2024 01:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24052

Actions (login required)

View Item View Item