MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA KELAS V DI MI DIPONEGORO KALIKUDI KABUPATEN CILACAP

Indri Kusuma, Dewi (2024) MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA KELAS V DI MI DIPONEGORO KALIKUDI KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, Universitas Islam negeri Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
New skripsi indri fix.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Pedidikan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan pembelajran yang diajarkan pada jenjang Sekolah Dasar di bawah naungan Kementrian Agama yaitu Madrasah Ibtidaiyah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana membentuk sikap karakter disiplin dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada peserta didik kelas V di MI Dipongoro Kalikudi Cilacap. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan peelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Madrasah Guru Kelas dan Peserta Didik Kelas V MI Diponegoro Kalikudi Cilaca, adapun objek penelitian ini adalah membentuk karakter disiplin dalam mebentuk karakter disiplin pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada peserta didik kelas V MI Diponegoro Kalikudi Cilacap. Teknik pengumpulan data dalam penelitain ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukan bahwa pembentukan karakter disiplin dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada peserta didik kelas V MI Diponegoro Kalikudi Cilacap sudah baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Keberhasilan dalam membentuk karakter disiplin peserta didik dipengaruhi oleh faktor pendukung yaitu kerjasama yang baik antar pihak sekolah dan orang tua, serta faktor penghambat yaitu lingkugan sosail atau pergaulan dan keterbatasan dalm pengawasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indri Kusuma Dewi sdri
Date Deposited: 23 Apr 2024 06:45
Last Modified: 23 Apr 2024 06:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24049

Actions (login required)

View Item View Item