PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM BIDANG KEAGAMAAN DI PARTAI KEBANGKITAN BANGSA PURBALINGGA

ERLI LIANA, RAMADANI (2024) PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM BIDANG KEAGAMAAN DI PARTAI KEBANGKITAN BANGSA PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Erli Liana Ramadani_Partisipasi Perempuan.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Partisipasi Perempuan dalam konteks partai politik memiliki peran yang krusial, terutama dalam bidang keagamaan di masyarakat. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Purbalingga sebagai salah satu entitas politik yang berbasis keagamaan memegang peran penting dalam memajukan agenda keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji praktik partisipasi perempuan dalam bidang keagamaan di Partai Kebangkitan Bangsa Purbalingga serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi efektivitasnya. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) di Partai Kebangkitan Bangsa Purbalingga. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan ini digunakan karena data yang dibutuhkan penulis berupa keterangan, penjelasan dan informasi lisan. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tindakan selanjutnya adalah penyusunan data, mengklasifikasinya, yang kemudian dilanjutkan dengan penganalisaan data yang menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKB Purbalingga memiliki badan otonom perempuan bangsa yang mendukung kegiatan keagamaan. Keterlibatan perempuan dalam kegiatan keagamaan seperti PHBI, santunan anak yatim, bakti sosial, dan Masura (Majelis Ulama Rakyat) telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam memperkuat basis keagamaan partai. Faktor-faktor pendukung manajemen sumber daya perempuan meliputi komitmen partai, dukungan organisasi, dan partisipasi aktif perempuan. Namun, terdapat juga beberapa faktor penghambat seperti stereotip gender dan minimnya kesempatan dalam pengambilan keputusan. Untuk mengatasi hambatan tersebut, diperlukan upaya seperti pelaksanaan pelatihan khusus dan peningkatan keterlibatan perempuan dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan peran perempuan dalam bidang keagamaan serta memberikan masukan bagi pengembangan manajemen sumber daya perempuan di PKB Purbalingga dan partai politik lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sumber Daya Manusia, partisipasi perempuan, partai kebangkitan Bangsa Purbalingga,keagamaan
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.2 Political Institutions
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: ERLI LIANA RAMADANI sdri
Date Deposited: 22 Apr 2024 08:38
Last Modified: 22 Apr 2024 08:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24045

Actions (login required)

View Item View Item