KONSTRUKSI PEMAKNAAN SANTRI TERHADAP TRADISI PEMBACAAN ZIKIR AL-MA’ṠURĀT DI PONDOK PESANTREN AL-KAUTSAR DESA JAJAWAR KOTA BANJAR

NURFALAH, AMELIA (2024) KONSTRUKSI PEMAKNAAN SANTRI TERHADAP TRADISI PEMBACAAN ZIKIR AL-MA’ṠURĀT DI PONDOK PESANTREN AL-KAUTSAR DESA JAJAWAR KOTA BANJAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. KYAI HAJI SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Amelia Nurfalah Fixx-1 (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontsruksi sosial pada tradisi pembacaan zikir Al-Ma’ṡurāt di Pondok Pesantren Al-Kautsar Kota Banjar serta respon para pembacanya terhadap zikir tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode living Qur’an dimana pada pelaksanaannya menggunakan cara wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan menggali berbagai sumber yang relevan baik dari buku, jurnal maupun artikel-artikel yang relevan serta menggunakan analisis teori konstruksi sosial milik Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Penelitian ini menghasilkan sebuah fakta realita sosial bahwa pembacaan zikir Al-Ma’ṡurāt dilakukan di pondok pesantren Al-Kautsar Banjar sebagai suatu hal yang wajib dilakukan oleh para santrinya. Proses pembacaan zikir Al-Ma’ṡurāt juga memberikan dampak bagi para santri dimana dialektika konstruksi sosialnya ialah dengan proses eksternalisasi yakni adaptasi individu terhadap pembiasaan pembacaan zikir Al-Ma’ṡurāt dengan cara mengajak secara terus menerus, objektivikasi yakni penerimaan terhadap sesuatu yang sudah ditetapkan lembaga dimana para santri yang tidak mengenal pembiasaan tersebut perlahan mulai memahami serta mengikutinya, dan yang terakhir internalisasi yang berarti pelekatan atau menjadi kebutuhan bagi para santri baik didalam maupun diluar lingkungan tersebut untuk terus membaca zikir Al-Ma’ṡurāt itu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Zikir Al-Ma’ṡurat, Konstruksi Sosial, Al-Kautsar Banjar
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an > 2x1.31 Ilmu Tafsir
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.4 Kumpulan Ayat dan Surat Tertentu
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: Amelia Nurfalah sdri
Date Deposited: 22 Apr 2024 08:02
Last Modified: 22 Apr 2024 08:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24043

Actions (login required)

View Item View Item