PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI MANFAAT DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIA STANDARD (QRIS) DI PASAR MANIS PURWOKERTO

Murningsih, Murningsih (2024) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI MANFAAT DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIA STANDARD (QRIS) DI PASAR MANIS PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Murningsih_Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (Qris) Di Pasar Manis Purwokerto.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

QRIS merupakan upaya penyederhanaan proses transaksi pembayaran digital dengan menyediakan standar yang seragam dan dapat dioperasikan oleh berbagai penyedia layanan pembayaran di Indonesia. Penggunaan QRIS dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor yaitu persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, dan persepsi risiko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, dan persepsi risiko terhadap minat menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) di Pasar Manis Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu konsumen Pasar Manis Purwokerto yang mengetahui QRIS. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling dari rumus lemeshow. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial, variabel persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan QRIS di Pasar Manis Purwokerto. Variabel persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan QRIS di Pasar Manis Purwokerto. Sedangkan variabel persepsi risiko tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan QRIS di Pasar Manis Purwokerto. Namun Secara Simultan, variabel persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, dan persepsi risiko memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan QRIS di Pasar Manis Purwokerto. Peneliti menyarankan bagi penelitian selanjutnya dapat mempertimbangkan variabel tambahan yang berpotensi memengaruhi minat menggunakan QRIS, seperti tingkat literasi digital, persepsi keamanan transaksi, atau preferensi pembayaran, karena variabel-varibel ini dapat menjadi faktor-faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Kata Kunci: Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko, Minat Menggunakan, QRIS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko, Minat Menggunakan, QRIS
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Murningsih Murningsih sdri
Date Deposited: 22 Apr 2024 07:42
Last Modified: 04 May 2024 02:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24038

Actions (login required)

View Item View Item