UPAYA PEMENUHAN HAK ANAK KELUARGA TUNAWISMA PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (STUDI KASUS KELUARGA TUNAWISMA DI KABUPATEN BANYUMAS)

Fatihatul, Karimah (2024) UPAYA PEMENUHAN HAK ANAK KELUARGA TUNAWISMA PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (STUDI KASUS KELUARGA TUNAWISMA DI KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fatihatul Karimah_Upaya Pemenuhan Hak Anak Keluarga Tunawisma Perspektif Hukum Keluarga Islam (Studi Kasus Keluarga Tunawisma di Kabupaten Banyumas).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hak anak merupakan salah satu hak asasi manusia yang harus terpenuhi. Pemenuhan atas hak anak merupakan tanggung jawab orang tua. Setiap orang tua pasti memiliki cara-cara sendiri serta memiliki usaha yang tidak sama dalam memenuhi hak-hak anak mereka. Bagi mereka yang memiliki latar belakang dari keluarga menengah ke bawah pasti akan berusaha lebih keras agar hak-hak anak mereka dapat terpenuhi dengan baik. Terutama bagi keluarga yang hidup secara nomaden dan tidak memiliki pekerjaan dan tempat tinggal tetap atau biasa disebut dengan tunawisma/gelandangan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis upaya-upaya pemenuhan hak-hak anak oleh orang tua dari keluarga tunawisma yang dilihat dari perspektif hukum keluarga Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan lokasi penelitian di Kabupaten Banyumas tepatnya di Simpang Pasar Wage dan di Simpang Karangbawang. Peneliti menggunakan pendekatan normatif-sosiologis dengan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1. Upaya pemenuhan hak anak dalam hal nafkah, pengasuhan, dan pendidikan pada keluarga tunawisma di Kabupaten Banyumas masih belum maksimal. Para orang tua cenderung hanya berupaya memenuhi kebutuhan makan sehari-hari saja dan cenderung kurang peduli terhadap pendidikan anak serta keadaan lingkungan tempat tinggal. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan ekonomi dan pola pikir mereka. 2. Berdasarkan perspektif Hukum Keluarga Islam, pemenuhan hak anak menjadi kewajiban dan tanggung jawab orang tua. Namun, pelaksanaan kewajiban tersebut belum terlaksana secara maksimal karena lingkungan tempat tinggal yang tidak layak kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hak Anak, Keluarga Tunawisma, Hukum Keluarga Islam
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.31 Nikah (Nasab, RUkun, Akad, Maskawin, Mut'ah dll)
2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.36 Hak dan Kewajiban Suami-Istri (Nafaqoh)
2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.37 Menyusui dan Mengasuh
300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law (perdata) > 346.01 Marriage law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Fatihatul Karimah
Date Deposited: 22 Apr 2024 07:35
Last Modified: 22 Apr 2024 07:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24034

Actions (login required)

View Item View Item