PEMBENTUKAN KARAKTER CINTA AL QUR'AN BAGI SISWA DI MTS SAINSTECH AL QURAN MARIBAYA KARANGANYAR PURBALINGGA

Alma, Febriana (2024) PEMBENTUKAN KARAKTER CINTA AL QUR'AN BAGI SISWA DI MTS SAINSTECH AL QURAN MARIBAYA KARANGANYAR PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Alma Febriana_Pembentukan Karakter Cinta Al Qur'an Bagi Siswa di MTs Sainstech Al Quran Maribaya Karanganyar Purbalingga.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PEMBENTUKAN KARAKTER CINTA AL QUR’AN BAGI SISWA DI MTs SAINSTECH AL QURAN MARIBAYA KARANGANYAR PURBALINGGA ALMA FEBRIANA 1917402221 Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan cara yang dilakukan oleh MTs Sainstech Al Quran Maribaya Karanganyar Purbalingga untuk membentuk karakter cinta Al Qur’an bagi para siswanya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Display Data), analisis data (Data Analysis), dan penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara yang digunakan oleh MTs Sainstech Al Quran Maribaya Karanganyar Purbalingga untuk memebentuk karakter cinta Al Qur’an bagi para siswanya adalah dengan cara membuat 4 program. Program yang pertama adalah tahfidz Qur’an, pada program ini siswa yang sudah bisa membaca Al Qur’an dengan tajwid yang benar diarahkan untuk menghafal Al Qur’an 30 juz dalam kurun waktu 1-3 tahun, sedangkan bagi siswa yang belum bisa membaca Al Qur’an dengan tajwid yang benar masuk kedalam kelas reguler atau sama saja dengan program kitab kuning. Program kitab kuning ini adalah program kedua dimana para siswa harus mempelajari dan menghafal kitab dengan metode S3N (Sorogan Kitab Safinah, ṣorof dan Nahwu) yang terbagi menjadi tiga kelas dengan fokus pada kitab masing-masing. Selain itu dalam program kitab ini juga ada kegiatan kajian kitab hidayatus syibyan, akhlakul banat, akhlakul banin, dan tibyan yang harus diikuti oleh seluruh siswa. Program ketiga mencakup sains dan teknologi, dimana selain mempelajari Al Qur’an, siswa juga harus mengikuti perkembangan zaman sesuai dengan ajaran Al Qur’an, dengan cara mengarahkan guru agar dapat menggunakan pendekatan teknologi untuk menjelaskan mata pelajaran-mata pelajaran teretntu yang berkaitan dengan pembentukan karakter siswa. Program pembiasaan yang terintegrasi dalam kegiatan sehari-hari siswa juga diterapkan untuk menciptakan sikap disiplin sebagai faktor utama dalam mewujudkan tujuan mereka. Dengan penerapan program-program ini, siswa mampu menjalin hubungan yang erat dan ketergantungan dengan Al Qur’an, sehingga cinta mereka terhadap Al Qur’an terus tumbuh dan membentuk karakter sesuai dengan nilai-nilai Al Qur’an. Kata Kunci: Pembentukan, Karakter Cinta Al Qur’an, Siswa MTs CHARACTER BUILDING OF LOVE FOR THE QUR’AN AMONG STUDENTS AT MTs SAINSTECH AL QURAN MARIBAYA KARANGANYAR PURBALINGGA ALMA FEBRIANA 1917402221 Abstract: The purpose of this research is to understand and describe the methods employed by MTs Sainstech Al Quran Maribaya Karanganyar Purbalingga to cultivate a love for the Quran among its students. This study adopts a field research approach with a qualitative descriptive research design. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques comprise data reduction, data display, data analysis, and conclusion drawing (verification). The research findings indicate that MTs Sainstech Al Quran Maribaya Karanganyar Purbalingga employs four programs to instill a love for the Quran among its students. The first program is Quran memorization (tahfidz Qur’an), where students who can already read the Quran correctly with tajwid are directed to memorize the entire Quran (30 juz) within 1-3 years. Students who cannot read the Quran correctly with tajwid are placed in regular classes or participate in the program equivalent to studying "kitab kuning" (traditional Islamic texts). The second program involves studying "kitab kuning," where students learn and memorize texts using the S3N method (Sorogan Kitab Safinah, ṣorof, and Nahwu) divided into three classes focusing on different texts. Additionally, this program includes activities such as studying Hidayatus Syibyan, Akhlakul Banat, Akhlakul Banin, and Tibyan, which all students must participate in. The third program encompasses science and technology, where students not only study the Quran but also keep up with modern developments aligned with Quranic teachings. Teachers are encouraged to use technological approaches to explain specific subjects related to character formation. Integrated habitual programs are also implemented in daily activities to instill discipline as a key factor in achieving their goals. Through the implementation of these programs, students develop a strong bond and dependency on the Quran, fostering continuous growth in their love for the Quran and shaping their character in accordance with its values. Keywords: Formation, Love for the Quran, Student MTs

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan, Karakter Cinta Al Qur'an, Siswa MTs
Subjects: 200 Religion > 260 Christian social theology > 268 Religious education
200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alma Febriana sdri
Date Deposited: 22 Apr 2024 07:35
Last Modified: 22 Apr 2024 07:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24031

Actions (login required)

View Item View Item