STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN LINGUISTIK SISWA PADA PEMBELAJARAN FIKIH DI MAN 2 BANYUMAS

Lutfiah, Rahmawati (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN LINGUISTIK SISWA PADA PEMBELAJARAN FIKIH DI MAN 2 BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Lutfiah Putri Rahmawati_Strategi Pembelajaran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Siswa Pada Pembelajaran Fikih Di MAN 2 Banyumas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mengembangkan kecerdasan linguistik siswa dibutuhkan strategi pembelajaran guru disertai dengan metode dan media pembelajaran yang baik agar kecerdasan linguistik siswa bisa lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran yang diterapkan guru dalam mengembangkan kecerdasan linguistik siswa pada pembelajaran fikih di MAN 2 Banyumas. Lokasi yang diteliti adalah MAN 2 Banyumas Purwokerto Wetan, Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. Dengan subjek penelitian meliputi guru fikih kelas X, kepala madrasah dan beberapa siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data: (1) Teknik wawancara, (2) Teknik observasi, (3) Teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan uji keabsahan data. Hasil penelitian Strategi Pembelajaran Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Siswa Pada Pembelajaran Fikih di MAN 2 Banyumas, yaitu: 1) Indikator mendengar dikembangkan dengan strategi dictogloss. Indikator membaca dikembangkan dengan metode SQ3R, indikator menulis dikembangkan dengan strategi Quantum Writing dengan metode picture and picture dan indikator berbicara dikembangkan dengan metode diskusi dan tanya jawab. 2)Faktor pendukung strategi pembelajaran guru dalam mengembangkan kecerdasan linguistik siswa terdiri dari faktor internal yang meliputi kondisi siswa dan guru serta faktor eksternal terkait sarana dan prasarana yang disiapkan pihak sekolah. 3) Faktor penghambat strategi pembelajaran guru dalam mengembangkan kecerdasan linguistik siswa terdiri dari faktor internal yang mencakup kondisi siswa dan guru serta faktor eksternal yang mencakup keterbatasan anggaran yang disediakan pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Guru, Kecerdasan Linguistik, Fikih
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LUTHFIANA LIVIA HAPPY sdri
Date Deposited: 22 Apr 2024 06:07
Last Modified: 22 Apr 2024 06:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24015

Actions (login required)

View Item View Item