PENDIDIKAN ISLAM MODERAT DALAM BUKU WASATHIYYAH WAWASAN ISLAM TENTANG MODERASI BERAGAMA KARYA M. QURAISH SHIHAB

Nur Roudlotul, Jannah (2024) PENDIDIKAN ISLAM MODERAT DALAM BUKU WASATHIYYAH WAWASAN ISLAM TENTANG MODERASI BERAGAMA KARYA M. QURAISH SHIHAB. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nur RJ_Pendidikan Islam Moderat Dalam Buku Wasathiyyah Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama Karya M. Quraish Shihab.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Indonesia dengan keberagaman yang tinggi serta perkembangan teknologi yang semakin kompleks tidak jarang dapat menimbulkan munculnya perselisihan, munculnya kelompok fanatik, bahkan ekstrimis dan radikal. Untuk melawan arus besar tersebut pendidikan menjadi pilihan utama. Pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan Islam moderat, yaitu pendidikan yang mengutamakan sikap positif, dan menunjukan nilai toleransi guna mematahkan sikap. Pada konteks Indonesia saat ini, ada salah satu tokoh Islam yang dikenal sebagai mufasir moderat, beliau adalah M. Quraish Shihab. Melalui berbagai karyanya, mufasir ini terkenal sebagai ulama yang mengedepankan persatuan di tengah kemajemukan bangsa. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan serta mendeskripsikan implementasi pendidikan Islam moderat pada salah satu buku karya M. Quraish Shihab yang berjudul Wasathiyyah Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama. Jenis penelitian yang digunakan adalah library research atau penelitian kepustakaan. Sumber penelitian berdasarkan sumber data primer (pokok) dan sumber data sekunder (pendukung). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi atau konten analisis (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku Wasathiyyah Wawasan Islam dalam Moderasi Beragama karya M. Quraish Shihab terdapat prinsip-prinsip, karakteristik, serta implementasi pendidikan Islam moderat. Prinsip tersebut meliputi Tawassuth (mengambil jalan tengah), Tawazun (berkesimbangan), I’tidal (lurus dan tegas), Tasamuh (toleransi), Musawah (egaliter), Syura (musyawarah). Karakteristik Pendidikan Islam moderat yang meliputi; Pendidikan damai yang selalu menghormati hak asasi manusia dan persaudaraan antar ras serta bangsa dan kelompok agama, pendidikan yang mengembangkan bakat kewirausahaan dan kemitraan, pendidikan yang memperhatikan visi profetik Islam yaitu humanisasi, liberasi untuk perubahan sosial, pendidikan yang memuat ajaran toleransi, pendidikan yang mengajarkan paham Islam yang menjadi mainstream Islam indonesia yang moderat, pendidikan yang menyeimbangkan antara wawasan intelektual, wawasan spiritual, serta akhlak mulia dan keterampilan. Implementasinya, yaitu insersi (hikmah), jaadil hum billati hiyaa ahsan, mauidzoh hasanah, dan evaluasi. Terbukti dari materi-materi dan perspektif M. Quraish Shihab tentang moderasi beragama yang sesuai dengan teori pendidikan Islam moderat yang penulis cantumkan dalam skripsi ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Moderasi Beragama, Pendidikan Islam Moderat, Buku Wasathiyyah Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Roudlotul Jannah
Date Deposited: 22 Apr 2024 04:31
Last Modified: 22 Apr 2024 04:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24012

Actions (login required)

View Item View Item