Peraturan Bupati Banyumas Nomor 18 Tahun 2022 Tentang Pencegahan dan Pengendalian Thalasemia Di Kabupaten Banyumas Perspektif Hifdz Al-Nafs

Tasyatul, Solihah (2024) Peraturan Bupati Banyumas Nomor 18 Tahun 2022 Tentang Pencegahan dan Pengendalian Thalasemia Di Kabupaten Banyumas Perspektif Hifdz Al-Nafs. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Tasyatul Solihah - Peraturan Bupati Banyumas Nomor 18 .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Banyumas di tahun 2022 menjadi kabupaten tertinggi kasus penyandang thalasemia di Jawa Tengah dengan jumlah 243 kasus. Kabupaten Banyumas sebagai daerah kabupaten diprioritaskan untuk melaksanakan urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar. Urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan Pelayanan Dasar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah salah satunya dibidang kesehatan. Atas dasar dari pasal tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas menetapkan Peraturan Bupati Banyumas Nomor 18 Tahun 2022 Tentang Pencegahan dan Pengendalian Thalasemia di Kabupaten Banyumas. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses analisis kebijakan Peraturan Bupati Banyumas Nomor 18 Tahun 2022 Tentang Pencegahan dan Pengendalian Thalasemia di Kabupaten Banyumas prespektif H{ifdz{ Al-Nafs. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field reserach) dengan lokasi penelitian di Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas dan Sekretariat Daerah Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan observasi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Adapun teknik analisis data dengan cara reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, dalam proses kebijakan yang diawali dengan proses identifikasi masalah Dinas kesehatan Banyumas atas dasar tingginya jumlah kasus penyandang thalasemia di Kabupaten Banyumas setelah mengkomunikasikan dengan lintas sektor mengenai program yang akan dilaksanakan dalam pencegahan dan pengendalian thalasemia. Langkah selanjutnya, kemudian dinkes mengajukan masalah tersebut kepada Setda Kabupaten Banyumas yang berbentuk rancangan perbup, kemudian proses perumusan masalah antara bagian hukum setda dan stakeholder, implementasi pencegahan dan pengendalian thalasemia sudah dijalankan oleh dinas kesehatan. h{ifdz{ al-nafs merupakan bagian dari Maq>a{sid Syar>’iah maka, jika dilihat peraturan bupati tersebut telah sesuai dengan tujuan yang terkandung dalam Hukum Islam yaitu kemaslahatan ummat baik individu dan jamaah di dunia dan akhirat kelak. Antara produk hukum yang ada di Kabupaten Banyumas yaitu Peraturan Bupati Kabupaten Banyumas Nomor 18 Tahun 2022 Tentang Pencegahan Dan Pengendalian Thalasemia dengan h{ifdz{ al-nafs sudah sejalan dan beriringan meskipun belum terlksana secara optimal. Kata Kunci : Thalasemia, Peraturan Bupati, H{ifdz{ Al-Nafs.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Thalasemia, Peraturan Bupati, Hifdz Al-Nafs
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: TASYATUL SOLIHAH sdri
Date Deposited: 22 Apr 2024 04:18
Last Modified: 22 Apr 2024 04:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24010

Actions (login required)

View Item View Item