ANALISIS PERAN PERMODALAN NASIONAL MADANI (PNM MEKAAR SYARIAH) DALAM MENINGKATKAN UMKM DESA SAMPANG (STUDI KASUS PADA PNM MEKAAR SYARIAH DESA SAMPANG)

Nur Khalik, Razaq (2024) ANALISIS PERAN PERMODALAN NASIONAL MADANI (PNM MEKAAR SYARIAH) DALAM MENINGKATKAN UMKM DESA SAMPANG (STUDI KASUS PADA PNM MEKAAR SYARIAH DESA SAMPANG). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nur Khalik Razaq 1817201238.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM didirikan pada 1 Juni 1999 sebagai BUMN yang mengemban tugas khusus memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi. PNM didirikan berdasarkan peraturan pemerintah RI No.38/1999 tanggal 29 Mei 1999. Pada tahun 2021 pemerintah menyerahkan perusahaan kepada Bank Rakyat Indonesia (BRI). Oleh karena itu, PT PNM saat ini telah menjadi anak perusahaan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI). Sejak akhir tahun 2018 terbentuk pembiayan PNM Mekaar Syariah yang dikhususkan untuk perempuan pra sejahtera pelaku UMKM. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan keadaan objek penelitian sesuai dengan fakta-fakta yang ada di lapangan. Dalam kegiatannya, penelitian ini memakai berbagai teknik yakni, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan model analisis Milles dan Huberman yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Permodalan Nasional Madani (PNM Mekaar Syariah) dalam meningkatkan UMKM di Desa Sampang dan juga untuk mengetahui pemanfaatan pinjaman dana modal yang diberikan. Hasil dari penelitian peran permodalan nasional (PNM Mekaar Syariah) dalam meningkatkan UMKM di Desa Sampang adalah dengan memberikan bantuan pinjaman dana modal bagi para pelaku usaha yang digunakan secara efektif untuk memulai maupun yang akan meningkatkat usahanya. Pinjaman dana modal yang diberikan dimanfaatkan untuk membangun dan meningkatkan usaha agar menciptakan keseimbangan serta kebersamaan dalam keluarga sehingga tercipta kesejahteraan keluarga. Kata Kunci: PNM Mekaar Syariah, Peningkatan UMKM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PNM MEKAAR SYARIAH, PENINGKATAN UMKM
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 360 Social services; association
300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
300 Social sciences > 360 Social services; association > 365 Penal and related institutions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: NUR KHALIK RAZAQ sdr
Date Deposited: 22 Apr 2024 04:06
Last Modified: 22 Apr 2024 04:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24004

Actions (login required)

View Item View Item