PENGARUH FAKTOR KEMUDAHAN, FAKTOR SOSIAL DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBIAYAAN DI RENTENIR PADA UMKM DESA BANJARAN, SALEM, BREBES

Nindia, Maulida (2024) PENGARUH FAKTOR KEMUDAHAN, FAKTOR SOSIAL DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBIAYAAN DI RENTENIR PADA UMKM DESA BANJARAN, SALEM, BREBES. Skripsi thesis, UIN PROF. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NINDIA MAULIDA ROHMAH 1917202144.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena permasalahan UMKM yang ada di desa Banjaran. Masalah yang dihadapi UMKM yaitu kekurangan modal untuk mengembangkan usaha mereka dan pengetahuan tentang keuangan. Susahnya mendapatkan pinjaman yang cepat, akhirnya mereka memilih jasa rentenir untuk mendaptkan modal usaha karena rentenir memberikan layananan pembiayaan dengan cara cepat dan mudah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemudahan, sosial dan literasi keuangan berpengaruh terhadap keputusan UMKM melakukan pembiayaan direntenir. Penelitian ini mengunakan analisis penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan kuesioner, observasi, dokumentasi dan wawancara. Uji instrument yang digunakan dengan uji validitas, uji reliabilitas. Uji klasik yang digunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, serta uji heterokedastisitas. Metode analisis data dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (adj R² ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kemudahan berpengaruh terhadap keputusan pembiayaan, variabel sosial secara parsial tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembiayaan, dan literasi keuangan secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembiayaan. Secara simultan kemudahan, sosial dan literasi keuangan bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembiayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemudahan, Sosial, Literasi Keuangan, Keputusan Pembiayaan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Nindia Maulida Rohmah sdri
Date Deposited: 22 Apr 2024 01:46
Last Modified: 22 Apr 2024 01:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23992

Actions (login required)

View Item View Item