Luma'ul 'Adilah, Hayya' (2024) PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN RAHMATAN LIL ‘ALAMIIN DI MIN 1 BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
LUMA'UL 'ADILAH HAYYA'_224120300001_TESIS MPGMI REVISI.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Program Profil Pelajar Pancasila (PPP) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil 'Alamin (PPRA) merupakan inisiatif pemerintah untuk memperkuat pemahaman nilai-nilai Pancasila dan ajaran Islam di kalangan pelajar guna menghadapi berbagai tantangan kompleks dalam pendidikan karakter di Indonesia. Penelitian berjudul Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamiin di MIN 1 Banyumas ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis tentang penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamiin di MIN 1 Banyumas. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat memperkaya khazanah serta kajian terkait penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamiin di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitin ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, waka kesiswaan, peserta didik, dan orang tua peserta didik. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamiin di MIN 1 Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Program penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin di MIN 1 Banyumas dirancang melalui tahapan perencanaan yang matang, dengan melibatkan tim fasilitator, mengidentifikasi kesiapan madrasah, dan menentukan dimensi, tema, serta alokasi waktu. 2) Proses penguatan dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, kokurikuler, dan budaya madrasah, dengan fokus pada pembelajaran akidah akhlak, pramuka, seni, olahraga, serta projek P5PPRA. Keberhasilan implementasi tergantung pada dukungan penuh dari kepala madrasah, guru, staf sekolah, serta pelatihan untuk guru dan keterlibatan orang tua. 3) Hasilnya mencakup identitas sekolah yang meningkat, serta pembentukan sikap patriotisme, toleransi, empati, dan akhlak mulia pada siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profil Pelajar Pancasila, Profil Pelajar Rahmatan Lil 'Alamin |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LUMA'UL 'ADILAH HAYYA' sdr |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 01:37 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 01:37 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23990 |
Actions (login required)
View Item |