IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA EKSPLORASI DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PADA ANAK USIA DINI DI KB ISLAM AL IZZAH PURWOKERTO

PUPUT, RIYANI (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA EKSPLORASI DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PADA ANAK USIA DINI DI KB ISLAM AL IZZAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
PUPUT RIYANI_ IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA EKSPLORASI DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PADA ANAK USIA DINI DI KB ISLAM AL IZZAH PURWOKERTO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi dalam mengembangkan kreativitas adalah banyak sekolah atau lingkungan belum memiliki sumber daya yang memadai untuk mengembangkan kreativitas anak serta pendekatan kurikulum untuk anak usia dini cenderung terlalu fokus pada kurikulum akademis yang terstruktur, sehingga mengurangi waktu untuk anak bereksplorasi dan berkreasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan pembelajaran sentra eksplorasi dalam mengembangkan kreativitas pada anak usia dini di KB Islam Al Izzah Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan merupakan kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang dilakukan dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu, (1) pengumpulan data. (2) reduksi data. (3) penyajian data. (4) penarikan simpulan. Dari hasil penelitian yang diperoleh oleh penulis mengenai penerapan model pembelajaran sentra eksplorasi dalam mengembangkan kreativitas pada anak usia dini di KB Islam Al Izzah Purwokerto dapat dilihat dari empat pijakan, yaitu: (1) Pijakan lingkungan sekolah. Pembentukan lingkungan sekolah untuk menunjang proses pembelajaran dengan baik. (2) Pijakan sebelum main. Langkah-langkah untuk mendukung terciptanya lingkungan belajar yang efektif dalam mengembangkan kreativitas pada anak usia dini. (3) Pijakan saat main. Proses pembelajaran yang dapat memberikan rangsangan untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini. (4) Pijakan setelah main. Kegiatan evaluasi pembelajaran yang berguna untuk menciptakan pembelajaran selanjutnya. Kata Kunci: Kreativitas Anak Usia Dini, Model Pembelajaran, Sentra Eksplorasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Anak Usia Dini, Model Pembelajaran, Sentra Eksplorasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: PUPUT RIYANI sdri
Date Deposited: 22 Apr 2024 01:42
Last Modified: 22 Apr 2024 01:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23987

Actions (login required)

View Item View Item