IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS 4 A MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT

FAIZAL MUKTI, MANGKUTARUNO (2024) IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS 4 A MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT. Skripsi thesis, UIN.Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Faizal Mukti Mangkutaruno_Implementasi Metode Drill dalam Pembelajaran Matematika pada Kelas 4 A MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Belajar matematika pada hakikatnya adalah melakukan kegiatan mental. Dalam pembelajaran matematika, siswa dituntut mempersiapkan mental dalam proses penerimaan pengetahuan baru. Oleh karena itu, dalam mengajar matematika guru hendaknya menciptakan suasana yang menyenangkan, sehingga dapat mencapai hasil yang diinginkan. Hal ini menjadi tantangan bagi para peserta didik untuk memberikan kualitas pembelajaran dengan berbagai inovasi, dalam pembelajaran matematika menggunakan metode drill yaitu berlatih secara berulang-ulang. Peneliti berupaya untuk mendeskripsikan implementasi metode drill dalam pembelajaran matematika pada kelas 4A MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat. Lokasi yang diteliti adalah MI Darul Hikmah Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas dengan sumber data yang diperoleh dari kepala madrasah, wali kelas 4A, dan peserta didik kelas 4A. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif berupa kumpulan data, kata-kata atau kalimat dari gambaran yang ada dan bukan berupa angka atau perhitungan antara lain dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan metode drill dalam pembelajaran matematika dengan guru mengajak siswa menyimak penjelasan guru dan membaca materi yang ada dalam buku paket selanjutnya guru menyuruh peserta didik untuk menulis point penting dari materi yang dijelaskan supaya lebih mudah memahami materi, dimana hal ini untuk melatih ketrampilan siswa dalam menyerap dan memahami materi dengan jelas dan benar, kemudian guru memberi soal latihan kepada siswa. Kata Kunci: Metode Drill, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Pembelajaran Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Faizal Mukti Mangkutaruno sdr
Date Deposited: 22 Apr 2024 01:39
Last Modified: 22 Apr 2024 01:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23979

Actions (login required)

View Item View Item