PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MI BUSTANUSSIBYAN TIPAR KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES

Maelatul, Azqia (2024) PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MI BUSTANUSSIBYAN TIPAR KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Maelatul Azqia_Penanaman Pendidikan Karakter Religius Siswa di MI Bustanussibyan Tipar Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Fenomena degradasi moral atau yang bisa disebut dengan rusaknya akhlak dan moral generasi muda sangat jelas terlihat di zaman sekarang ini. Seringkali kita diperlihatkan dan dihadapkan pada rusaknya akhlak generasi bangsa yang terkesan tidak punya rasa malu, bahkan kenakalan remaja sangat marak yang patut menjadi perhatian dan ditangani dengan baik. Pendidikan karakter merupakan landasan awal yang diperlukan untuk membangun suatu bangsa. Salah satu pendidikan karakter yang mampu menciptakan dan menghasilkan generasi muda yang baik adalah karakter religius. Penanaman pendidikan karakter religius dibentuk dan dibina sejak dini agar siswa memiliki perilaku yang dilandasi oleh nilai dan aturan yang bersumber dari agama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman pendidikan karakter religius pada siswa di MI Bustanussibyan Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian keseluruhan datanya dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman pendiidikan karakter religius siswa di MI Bustanussibyan dilakukan dengan adanya kegiatan-kegiatan keagamaan meliputi kegiatan harian, mingguan dan tahunan yang dapat menunjang terbentuknya karakter religius siswa, sehingga siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Masing-masing kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan karakter religius siswa di MI Bustanussibyan Tipar masuk ke salah satu indikator karakter religius yang dijelaskan oleh Kemendiknas. Dalam menananamkan pendidikan karakter religius menggunakan metode pemahaman, pembiasaan dan keteladanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Pendidikan Karakter, Karakter Religius
Subjects: 200 Religion > 260 Christian social theology > 268 Religious education
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maelatul Azqia sdri
Date Deposited: 22 Apr 2024 01:37
Last Modified: 22 Apr 2024 01:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23976

Actions (login required)

View Item View Item