IMPLEMENTASI ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI SD NEGERI CINANAS 03 BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES

OKTI, KHOERU NISA (2024) IMPLEMENTASI ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI SD NEGERI CINANAS 03 BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
OKTI KHOERU NISA_IMPLEMENTASI ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI SD NEGERI CINANAS 03 BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Implementasi ice breaking adalah suatu teknik yang digunakan oleh guru untuk pemecah suasana atau pencair suasana. Pemecah suasana atau pencair suasana adalah latihan fasilitasi singkat yang dimaksudkan untuk membantu anggota kelompok memulai proses bekerja sama atau membentuk diri menjadi sebuah tim. Kegiatan ini juga untuk membantu membangun suasana kelas menjadi semangat dan lebih ceria. Hal ini yg akan dilakukan oleh peneliti terkait bagaimana pengimplementasian ice breaking di kelas V SD Negeri Cinanas 03 untuk meningkatkan motivasi belajat bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan menjadikan suasana kelas menjadi tidak bosan dan tegang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan yaitu dengan datang langsung ke lapangan dan melakukan observasi di kelas V. Wawancara dalam penelitian ini menggunakan wawancara terstruktur. Hasil dari data observasi, wawancara, dan dokumentasi pada penelitian ini yaitu pengimplementasian ice breaking di kelas V SD Negeri Cinanas 03 pada pembelajaran bahasa Indonesia membuat siswa menjadi tidak bosan dan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Hal ini menjadi tanda bahwa motivasi belajar siswa kelas V meningkat. Kata Kunci : Implementasi Ice Breaking, Meningkatkan Motivasi Belajar, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Ice Breaking, Meningkatkan Motivasi Belajar, Bahasa Indonesia
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Okti Khoeru Nisa sdri
Date Deposited: 20 Apr 2024 03:17
Last Modified: 20 Apr 2024 03:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23973

Actions (login required)

View Item View Item