Azzah, Nur Faizah (2024) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN KERJASAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 1 WANGON KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Azzah Nur Faizah_Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Kerjasama Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Di SMP Negeri 1 Wangon Kabupaten Banyumas.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Keterampilan sosial menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh siswa. Siswa dengan keterampilan sosial yang baik akan mampu berinteraksi dengan lingkungannya. Sebaliknya, siswa dengan keterampilan sosial rendah rentan terhadap tindak kekerasan, seperti kasus yang marak terjadi belakangan di lingkungan sekolah terkait perundungan. Perundungan terjadi karena rendahnya keterampilan sosial baik pelaku maupun korban. Penelitian ini bertujuan untuk 1.) mengetahui keterampilan sosial siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan treatment, 2.) mengetahui keterampilan sosial siswa kelompok kontrol sebelum dan sesudah kelompok eksperimen diberikan treatment, dan 3.) mengetahui efektivitas bimbingan kelompok teknik permainan kerjasama untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian berjumlah 216 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wangon, Kabupaten Banyumas. Sampel diambil dari siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah berdasarkan hasil angket observasi awal, berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji samples paired t-test dengan hasil nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari α = 0.05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan terdapat perbedaan skor rata-rata setelah diberikan perlakuan bimbingan kelompok teknik permainan kerjasama. Kesimpulan penelitian ini adalah kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol sama-sama mengalami perbedaan skor rata-rata antara pre-test dan post-test dengan peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen. Pernyataan ini menunjukkan bimbingan kelompok dengan teknik permainan kerjasama efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa. Perubahan sikap siswa juga menunjukkan adanya peningkatan keterampilan sosial. Mulai dari interaksi siswa dengan teman sekelasnya, keaktifan selama pembelajaran di kelas, dan mengendalikan diri ketika mendapat kritikan dari orang lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Bimbingan Kelompok, Permainan Kerjasama, Keterampilan Sosial |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction 300 Social sciences > 303 Social processes |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Azzah Nur Faizah sdri |
Date Deposited: | 19 Apr 2024 08:53 |
Last Modified: | 19 Apr 2024 08:53 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23968 |
Actions (login required)
View Item |