STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI POS PAUD KUNCUP WANGI KARANGNANAS

Latifah, Dewi Utami (2024) STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI POS PAUD KUNCUP WANGI KARANGNANAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LATIFAH DEWI UTAMI_STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI POS PAUD.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Memanjakan anak menjadi salah satu permasalahan yang menyebabkan anak kurang mandiri dan selalu bergantung pada orang tua atau orang lain yang berada di sekitarnya. Karakter kemandirian perlu ditanamkan pada anak sejak sedini mungkin, hal ini dilakukan karena melihat pentingnya karakter kemandirian bagi anak. Karakter kemandirian berperan penting dalam kehidupan anak, karena dengan karakter kemandirian tersebut anak lebih percaya diri dalam mengerjakan tugasnya sendiri tanpa mengalami kesulitan, dapat mengambil keputusan mengenai aktivitas yang akan dilakukannya pada setiap hari, serta dapat menyelesaikan dan mengatasi permasalahan yang dihadapinya tanpa bergantung pada orang lain. Dalam membentuk kemandirian tersebut perlu adanya kerja sama yang harus dilakukan oleh orang tua dan guru agar dapat tercipta strategi yang baik dan tepat untuk menanamkan kemandirian anak. Maka dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru dalam membentuk karakter kemandirian anak usia dini di Pos PAUD Kuncup Wangi Karangnanas. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah kepala Pos PAUD Kuncup Wangi Karangnanas dan guru kelas. Dari penelitian tersebut peneliti mendapatkan hasil bahwa strategi yang digunakan oleh guru di Pos PAUD Kuncup Wangi Karangnanas dalam membentuk karakter kemandirian anak yaitu mendorong anak untuk melakukan kegiatan yang dilakukannya sehari-hari secara mandiri tanpa bantuan orang lain, memberikan kesempatan kepada anak untuk mengambil keputusan sendiri, memberi kesempatan pada anak untuk bermain tanpa ditemani, membiarkan anak mengerjakan sesuatu sendiri walaupun sering membuat kesalahan, memberi dorongan pada anak untuk mengungkapkan perasaan dan idenya, serta melatih anak untuk bersosialisasi dan beradaptasi supaya anak bisa belajar menghadapi problem sosial yang kompleks. Selain itu guru di Pos PAUD Kuncup Wangi Karangnanas juga menggunakan metode bercerita, metode bernyanyi, dan metode outing class untuk membantu dan mempermudah guru dalam membentuk karakter kemandirian anak usia dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Karakter Kemandirian
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LATIFAH DEWI UTAMI sdri
Date Deposited: 19 Apr 2024 09:10
Last Modified: 19 Apr 2024 09:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23967

Actions (login required)

View Item View Item