PENGARUH KEYAKINAN EPISTEMOLOGI MATEMATIKA DALAM MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 1 KEMRANJEN BANYUMAS

Fauzan, Zaenuri (2024) PENGARUH KEYAKINAN EPISTEMOLOGI MATEMATIKA DALAM MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 1 KEMRANJEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fauzan Zaenuri_Pengaruh Keyakinan Epistemologi Matematika Dalam Model Pembelajaran Kumon Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kemranjen Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh keyakinan epistemologi matematika dalam model pembelajaran Kumon terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kemranjen. Penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif berupa jenis penelitian eksperimen dan survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kemranjen yang berjumlah 246 siswa. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling yang menghasilkan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Adapun pengumpulan data melalui pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah matematis serta angket keyakinan epistemologi matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linier sederhana dan regresi linier berganda untuk analisis penelitian survei dan uji t untuk analisis penelitian eksperimen. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara kelas dengan model pembelajaran Kumon dan kelas dengan model pemebelajaran konvensional. Hal ini berdasarkan nilai Sig. (2-tailed) 0,047 < 0,050, artinya H0 ditolak dan H1 diterima. 2) Terdapat pengaruh keyakinan epistemologi matematika terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kemranjen. Hal ini berdasarkan nilai thitung sebesar 4,005 > ttabel 1,997 dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 serta memiliki persamaan \hat{\mathbit{Y}}=\mathbf{13},\mathbf{059}+\mathbf{18}.\mathbf{311}\mathbit{X}_\mathbf{1}. 3) Terdapat pengaruh secara simultan antara model pembelajaran dan keyakinan epistemologi matematika terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Hal ini berdasarkan nilai Fhitung sebesar 10,433 > Ftabel 1,997 dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 dengan persamaan \hat{\mathbit{Y}}=\mathbf{9}.\mathbf{242}+\mathbf{17}.\mathbf{819}\mathbit{X}_\mathbf{1}+\mathbf{9}.\mathbf{775}\mathbit{X}_\mathbf{2}. Besar pengaruh berdasarkan koefisien determinasi berganda sebesar 24,3% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keyakinan Epistemologi Matematika, Model Kumon, Pemecahan Masalah.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.4 Pemurnian dan Pembaharuan Pemikiran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fauzan Zaenuri
Date Deposited: 19 Apr 2024 02:18
Last Modified: 19 Apr 2024 02:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23950

Actions (login required)

View Item View Item