PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI SMP MUHAMMADIYAH 01 PURWOKERTO

Rifa, Rahma Anjani (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI SMP MUHAMMADIYAH 01 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RIFA RAHMA ANJANI_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI SMP MUHAMMADIYAH 01 PURWOKERTO.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran visualization auditory kinesthetic (VAK) terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan quasi experimental design tipe nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Purwokerto yang berjumlah 139 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VII B berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket untuk mengukur minat belajar dan soal tes untuk mengukur hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran VAK terhadap minat dan hasil belajar siswa. Hasil uji-t sampel berpasangan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan minat dan hasil belajar kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran VAK. Adapun hasil uji rerata dua sampel independent menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara minat dan hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Terbukti rerata skor angket kelas eksperimen sebesar 62,6 lebih tinggi dari rerata skor angket kelas kontrol sebesar 57,5 dan rerata skor hasil belajar kelas eksperimen sebesar 84 lebih tinggi dari rerata skor hasil belajar kelas kontrol sebesar 77,8. Hal ini menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dari hasil N-gain score minat belajar kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,28 termasuk kategori rendah. Sedangkan N-gain score hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 0,62 termasuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rifa Rahma Anjani sdri
Date Deposited: 19 Apr 2024 02:12
Last Modified: 19 Apr 2024 02:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23938

Actions (login required)

View Item View Item