Abdul Azis, Naufal (2024) PROGRAM MULAZAMAH UNTUK MEMBENTUK HABITUASI TAHFIDZUL QUR`AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
001_TESIS NAUFAL ABDUL AZIS.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Problematika pendidikan di Madrasah dapat dikumulasikan antara lain penggunaan kurikulum yang dipandang stagnan, standar evaluasi yang kurang jelas dan metode yang tidak akseptabel oleh peserta didik. Hal ini dapat memicu rendahnya kualitas pendidikan di Madrasah yang semakin banyak persaingan di kancah pendidikan Islam Indonesia. Beragam metode dapat dilakukan, tetapi hanya satu metode yang tepat untuk dilaksanakan di suatu model pembelajaran tertentu. Namun, muncul problematika metode habituasi tahfidzul qur`an antara lain kurangnya penekanan pada pemahaman makna Al-Qur`an, beban belajar yang sangat berat, kurangnya variasi metode hafalan, pengabaian psikologi peserta didik, minimnya monitoring dan umpan balik, berbagai tantangan mempertahankan hafalan, kurang keterlibatan orang tua, kesulitan menyesuaikan kebutuhan individu, kurangnya pendekatan komprehensif dan tidak memanfaatkan teknologi dengan optimal. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah, Wali Kelas, Muhafidz dan Orang Tua. Observasi dilakukan kepada Wali Kelas, Orang Tua, Muhafidz dan Peserta didik. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh bukti pendukung dari wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menjelaskan Adapun kegiatan habituasi tahfidzul qur`an yang telah dilaksanakan di sekolah yaitu, pembiasaan sholat dhuha, pengecekan mutabaah harian, 3 jam Halaqoh, akselerasi learning, dan Home visit. Adapun kegiatan habituasi tahfidzul qur`an yang telah dilaksanakan di rumah yaitu, muroja`ah harian, aturan bermain, memfasilitasi anak, reward dan perlakuan orang tua dirumah. Adapun faktor pendukung proses habituasi tahfidzul qur`an sebagai berikut: Faktor Thoriqoh yang mumpuni masing-masing muhafidz dan guru, perlakuan orang tua dan sifat bersungguh-sungguh menjalani proses yang panjang ini. Selain faktor pendukung tersebut,habituasi karakter juga memiliki penghambat. Faktor penghambat proses habituasi dari faktor internal tersebut antara lain adalah dorongan dari dalam diri atau sifat bawaan anak sejak lahir. Faktor eksternal adalah faktor yang datang dari luar anak. Adapun faktor eksternal tersebut antara lain, dukungan orang tua yang minim, pergaulan anak di sekolah dan fasilitas sarana dan prasarana yang kurang memadai. Keterbasan dalam penelitian ini yaitu minimnya pemahaman yang utuh terkait istilah mulazamah, sehingga masih dalam kategori penyesuaian dalam program tahfidzul Qur`an di sekolah lain. Kata Kunci : Habituasi, Program Mulazamah, Tahfidzul Qur`an
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Habituasi, Program Mulazamah dan Tahfidzul Qur`an |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Naufal Abdul Azis sdr |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 01:30 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 01:30 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23932 |
Actions (login required)
View Item |