METODE PEMBELAJARAN MUFRADAT DI MTs AL-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO UTARA BANYUMAS

Adhe, Listiya (2024) METODE PEMBELAJARAN MUFRADAT DI MTs AL-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO UTARA BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ADHE LISTIYA_METODE PEMBELAJARAN MUFRADAT DI MTs AL-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO UTARA BANYUMAS .pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Mufradat merupakan kata-kata yang membentuk suatu kalimat dan juga kunci utama dalam belajar bahasa Arab. Sehingga dalam pengajarannya, pendidik perlu menyiapkan suatu metode pembelajaran yang baik, efektif, dan memotivasi peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripskan metode- metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran mufradat. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Hidayah Karangsuci, Purwokerto Utara, Banyumas karena terdapat pembelajaran bahasa Arab yang mencakup pembelajaran mufradat di dalamnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitian dalam skripsi ini yaitu metode pembelajaran mufradat yang mencakup persiapan pembelajaran mufradat, jenis dan penerapan metode pembelajaran mufradat dan karakteristik metode pembelajaran mufradat. Pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa dalam persiapan pembelajaran mufradat dilakukan melalui tahap menyusun RPP/Modul ajar, mempelajari tujuan pembelajaran, mempersiapkan materi. Jenis metode pembelajaran mufradat yang diterapkan meliputi metode meniru dan menghafal, metode bernyanyi, metode card sort dan metode menghapus huruf dalam mufradat. Metode menghapus huruf dalam mufradat adalah metode yang dirancang oleh pendidik yang merupakan kombinasi metode membaca dan menghafal. Dalam setiap metode pembelajaran mufradat memiliki karakteristik masing-masing yang dapat menjadi bahan pertimbangan pendidik dalam menentukan metode yang akan digunakan. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Mufradat, Penerapan, Karakteristik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Mufradat, Penerapan, Karakteristik
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Adhe Listiya
Date Deposited: 19 Apr 2024 02:05
Last Modified: 19 Apr 2024 02:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23927

Actions (login required)

View Item View Item