PENANGANAN TEMPER TANTRUM PADA ANAK OLEH GURU DAN ORANG TUA DI KB AISYIYAH BEJI KEDUNGBANTENG BANYUMAS

Afifah, Nur Azizah (2024) PENANGANAN TEMPER TANTRUM PADA ANAK OLEH GURU DAN ORANG TUA DI KB AISYIYAH BEJI KEDUNGBANTENG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Afifah Nur Azizah_Penanganan Temper Tantrum Pada Anak Oleh Guru Dan Orang Tua Di Kb Aisyiyah Beji Kedungbanteng Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Temper temper tantrum adalah suatu ledakan amarah yang sering terjadi pada anak usia 0-6 tahun atau lebih, yang diungkapkan dengan cara menangis, menjerit, melempar benda-benda, memukul, dan lainya. Penanganan yang tepat dalam mengurangi kejadian temper tantrum, penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih dalam kepada orang tau dan guru mengenai cara penanganan yang tepat. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian studi khasus. Dengan pengambilan sumber data dari lokasi penelitian. Perolehan data primer melalui metode wawancara antara peneliti dengan guru dan wali murid KB Aisyiyah Beji Kedungbanteng Banyumas. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini diambil dari rujukan pustaka. Pengambilan sampel dalam wawancara dengan menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini penanganan temper tantrum pada anak oleh guru dan orang tua dengan beberapa cara, seperti bersikap tenang, memberikan kasih sayang dengan perhatian, mengalihkan perhatian anak, mengenali penyebabnya, membangun komunikasi yang efektif, serta menghindari tindakan kekerasan. Penelitian ini menunjukan adanya efektivitas pola asuh yang konsisten yang diterapkan guru bersama dengan orang tua di KB Aisyiyah Beji Kedungbanteng dengan beberapa cara tersebut. Keterbatasan penelitian ini yaitu hanya sebatas berfokus menggambarkan tentang beberapa cara penanganan temper tantrum saja, belum ada pembahasan lebih dalam yang mungkin akan mempengaruhi cara penangananya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Anak, Guru, Orang tua, Penanganan, Temper Tantrum.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 108 Kinds of persons in philosophy
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
300 Social sciences > 360 Social services; association
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Afifah Nur Azizah sdri
Date Deposited: 19 Apr 2024 01:29
Last Modified: 19 Apr 2024 01:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23923

Actions (login required)

View Item View Item