EFEKTIVITAS PROGRAM KARTU TANI DALAM DISTRIBUSI PUPUK BERSUBSIDI DI DESA GOMBONG KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG

Mila, Kirani (2024) EFEKTIVITAS PROGRAM KARTU TANI DALAM DISTRIBUSI PUPUK BERSUBSIDI DI DESA GOMBONG KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Mila Kirani_Efektivitas Program Kartu Tani dalam Distribusi Pupuk Bersubsidi di Desa Gombong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Masyarakat di Desa Gombong mayoritas bermata pencaharian sebagai petani sehingga pupuk menjadi kebutuhan yang utama. Namun, karena adanya pembelian pupuk secara berlebihan ketika harga jualnya sedang turun, petani lain terutama petani yang memiliki tingkat ekonomi rendah tidak bisa memperoleh pupuk tersebut. Dalam usaha untuk mendistribusikan pupuk subsidi supaya tepat sasaran, pemerintah mengeluarkan kebijakan sosial yakni Program Kartu Tani berdasarkan kesepakatan bersama Gubernur Provinsi Jawa Tengah dengan Direktur PT. BRI Perusahaan Perdagangan Indonesia Tbk No. 004 tahun 2015, No. B. 122-DIR/KPM/Maret/2015 pada 4 Maret 2015 sebagai alat pembayaran pupuk subsidi bagi petani. Pemberian pupuk bersubsidi kepada petani juga sudah diatur berdasarkan Permentan No. 10 Tahun 2022 mengenai alokasi dan HET pupuk subsidi. Tujuan adanya Program Kartu Tani bagi para petani yaitu untuk melaksanakan distribusi pupuk bersubsidi secara tepat sasaran sebagai bentuk akses layanan perbankan yang terintegritas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai efektivitas dari Program Kartu Tani di Desa Gombong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yakni deskriptif-kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yakni petani di Desa Gombong yang mempunyai Kartu Tani yang berjumlah 1.452 petani dan jumlah sampel yang digunakan adalah 306 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, kuesioner, wawancara, serta dokumentasi. Kemudian, data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan efektivitas Program Kartu Tani dalam distribusi pupuk bersubsidi di Desa Gombong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang berdasarkan indikator enam asas tepat (tepat jumlah, tepat jenis, tepat mutu, tepat tempat, tepat harga, dan tepat waktu) tergolong cukup efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Kartu Tani, Distribusi Pupuk Bersubsidi
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association
300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mila Kirani sdri
Date Deposited: 19 Apr 2024 01:57
Last Modified: 19 Apr 2024 01:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23918

Actions (login required)

View Item View Item