MANAJEMEN PROGRAM UNGGULAN TAHFIZ QUR'AN DALAM MENJAGA EKSISTENSI LEMBAGA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT

Eva, Nurul Afifah (2024) MANAJEMEN PROGRAM UNGGULAN TAHFIZ QUR'AN DALAM MENJAGA EKSISTENSI LEMBAGA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
EVA NURUL AFIFAH_MANAJEMEN PROGRAM UNGGULAN TAHFIZ QUR'AN DALAM MENJAGA EKSISTENSI LEMBAGA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penerapan program unggulan di suatu lembaga pendidikan khususnya swasta merupakan suatu hal yang urgent yang dapat dijadikan sebagai branding sekolah. Penerapan program unggulan harus dikelola dengan baik melalui aktivitas manajerial agar dapat mencapai tujuan secara optimal, sehingga mampu mendukung lembaga agar dapat menjaga eksistensinya. Program Tahfiz Qur’an merupakan salah satu program yang dapat diterapkan di lembaga pendidikan formal agar dapat mendukung program pendidikan yang diselenggarakan, sehingga dapat menciptakan keterpaduan antara pendidikan umum dengan pendidikan keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen program unggulan Tahfiz Qur’an dalam menjaga eksistensi lembaga di MI Darul Hikmah Bantarsoka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data (kesimpulan). Teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik/metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program unggulan Tahfiz Qur’an di MI Darul Hikmah Bantarsoka telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen di dalamnya. Perumusan kebijakan dilakukan dengan cara identifikasi masalah dan analisis kebutuhan, merumuskan tujuan, serta menetapkan prosedur pelaksanaan, yang meliputi penentuan kelas, penentuan target dan sasaran, penentuan waktu dan tempat, menyediakan tim khusus, dan menentukan metode. Pengorganisasian program dilakukan dengan cara membentuk tim khusus, merumuskan kewenangan manajerial, serta melakukan departementalisasi dan pembagian kerja. Implementasi program dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang telah dilakukan terkait dengan tujuan, sasaran, target, waktu, tempat, dan metode yang digunakan agar dapat mencapai tiga kompetensi, yaitu keterampilan membaca, menulis, dan menghapal Al-Qur’an. Pengawasan program dilakukan dengan cara mengadakan evaluasi secara rutin. Evaluasi siswa dilaksanakan melalui evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Sedangkan, evaluasi guru tahfiz dilaksanakan melalui pertemuan rutin setiap Rabu. Adanya penerapan program unggulan Tahfiz Qur’an di MI Darul Hikmah Bantarsoka dapat mendukung kemampuan lembaga dalam menjaga eksistensinya karena telah melakukan manajerial program unggulan yang terintegrasi dengan kurikulum pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Program Unggulan, Tahfiz, Eksistensi Lembaga
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
300 Social sciences > 370 Education > 370.5 General Publications of Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Eva Nurul Afifah sdri
Date Deposited: 18 Apr 2024 07:27
Last Modified: 18 Apr 2024 07:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23917

Actions (login required)

View Item View Item