IMPLEMENTASI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 4DI SD NEGERI 2 BERKOH KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN

Siti, Camelia Khasanah (2024) IMPLEMENTASI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 4DI SD NEGERI 2 BERKOH KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROFESOR KIAI HAJI SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SITI CAMELIA KHASANAH_1817405086 .pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Implementasi adalah proses penerapan ide, konsep atau inovasi dalam suatu tindakan praktis sehingga memberikan dampak baik berupa perubahan pengetahuan, keterampilan maupun nilai dan sikap. Strategi pembelajaraan diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesaian untuk mencapai pendidikan tertentu, sehingga dengan adanya strategi pembelajaraan ini dapat berjalan dengan baik untuk tercapainya sebuah tujuan pembelajaraan yang diinginkan. Strategi Cooperative learning merupakan strategi pembelajaran dengan konsep belajar bersama dengan membentuk kelompok kecil. Cooperative learning juga bisa meningkatkan pemahaman materi belajar pada siswa. Diadakan kelompok kecil tiap anggota bukan hanya merespon materi pembelajaran yang diajarkan tetapi juga membantu anggota lainnya untuk belajar agar berkreasi dalam suasana kondusif. Dengan adanya Strategi Cooperative Learning yang diterapkan pada pembelajaraan matematika kelas di IV di SD Negeri 2 Berkoh membawa hubungan yang baik bagi siswa dan guru. Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Strategi Cooperative Learning dalam pembelajaran matematika kelas IV di sd negeri 2 Berkoh Kecamatan Purwokerto Selatan. Penilitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan subjek penelitian 7 orang siswa kelas IV, Ibu guru wali kelas IV yang dapat memberikan informasi terkait dengan masalah yang peneliti lakukan. Analisis data dengan menggunkan model Miles dan Hubermen dengan teknik reduksi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian mengenai implementasi strategi Cooperative Learning dalam pembelajaraan matematika kelas IV SD Negeri 2 Berkoh Kecamatan Purwokerto Selatan siswa mendapatkan peningkatan kemampuan akademik, pembelajaraan Cooperative Learning pembelajaran yang aktif dan efektif untuk diterapkan belajar mengajar di kelas. Pembelajaraan Cooperative Learning itu sangat menyenangkan dan mengasikan bagi siswa. Pembeljaraan Cooperative Learning itu tidak membosan kan bagi siswa Kata kunci : Implementasi, strategi pembelajaraan Cooperative Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, strategi pembelajaraan Cooperative Learning
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Camelia khsanah sdri
Date Deposited: 18 Apr 2024 01:55
Last Modified: 18 Apr 2024 01:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23908

Actions (login required)

View Item View Item