IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP MA'ARIF NU 01 PEKUNCEN BANYUMAS

Amalia, Qusniah (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP MA'ARIF NU 01 PEKUNCEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Amalia Qusniah_Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran PAI di SMP Ma'arif NU 01 Pekuncen Banyumas.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama islam memiliki peran yang sangat penting dalam mengarahkan sumber daya manusia yang berkualitas karena pendidikan agama islam bukan hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga nilai-nilai moral kepada siswa sehingga perlunya perencanaan model pembelajaran yang matang untuk mencapai tujuan pembelajaran. Seorang guru dituntut untuk dapat memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik agar terciptanya lingkungan belajar yang efektif serta menyenangkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Skripsi ini membahas tentang implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam pembelajaran PAI di SMP Ma’arif NU 01 Pekuncen Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam pembelajaran PAI di SMP Ma’arif NU 01 Pekuncen Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) pendekatan deskriptif kualitatif dengan tipe pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model tersebut berjalan efektif. Sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah ditetapkan, model pembelajaran ini berhasil menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan kondusif. Siswa merasa senang, tidak mengantuk, menjadi lebih aktif, sehingga tidak bosan dan materi yang diajarkan dapat dipahami dengan baik oleh siswa sehingga hasil belajar menjadi maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division), Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion > 207 Education, research in Christianity
200 Religion > 260 Christian social theology > 268 Religious education
2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 370 Education
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amalia Qusniah sdri
Date Deposited: 18 Apr 2024 01:54
Last Modified: 18 Apr 2024 01:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23904

Actions (login required)

View Item View Item