Amalia, Qusniah (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP MA'ARIF NU 01 PEKUNCEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Amalia Qusniah_Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran PAI di SMP Ma'arif NU 01 Pekuncen Banyumas.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan agama islam memiliki peran yang sangat penting dalam mengarahkan sumber daya manusia yang berkualitas karena pendidikan agama islam bukan hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga nilai-nilai moral kepada siswa sehingga perlunya perencanaan model pembelajaran yang matang untuk mencapai tujuan pembelajaran. Seorang guru dituntut untuk dapat memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik agar terciptanya lingkungan belajar yang efektif serta menyenangkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Skripsi ini membahas tentang implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam pembelajaran PAI di SMP Ma’arif NU 01 Pekuncen Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam pembelajaran PAI di SMP Ma’arif NU 01 Pekuncen Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) pendekatan deskriptif kualitatif dengan tipe pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model tersebut berjalan efektif. Sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah ditetapkan, model pembelajaran ini berhasil menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan kondusif. Siswa merasa senang, tidak mengantuk, menjadi lebih aktif, sehingga tidak bosan dan materi yang diajarkan dapat dipahami dengan baik oleh siswa sehingga hasil belajar menjadi maksimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division), Pembelajaran Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 Religion > 207 Education, research in Christianity 200 Religion > 260 Christian social theology > 268 Religious education 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya 300 Social sciences > 302 Social interaction 300 Social sciences > 370 Education 600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Amalia Qusniah sdri |
Date Deposited: | 18 Apr 2024 01:54 |
Last Modified: | 18 Apr 2024 01:54 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23904 |
Actions (login required)
View Item |