IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VI B MI MA’ARIF NU KARANGNANGKA KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Muhammad, Firman Rosyadi (2024) IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VI B MI MA’ARIF NU KARANGNANGKA KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD FIRMAN ROSYADI_IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VI B MI MA’ARIF NU KARANGNANGKA KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran masa kini yang hanya disampaikan pada peserta didik tanpa memperhatikan pemahaman yang lebih mendalam. Pendekatan pembelajaran seperti ini tidak memungkinkan para peserta didik memahami esensi, makna, dan tujuan dari belajar, terutama dalam konteks pembelajaran Akidah Akhlak yang sejatinya bertujuan untuk mengubah perilaku peserta didik. Oleh karena itu, keberhasilan belajar sangat ditentukan oleh penguasaan materi dan pemahaman yang dimiliki oleh pendidik dalam memilih pendekatan yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Salah satu pendekatan pembelajaran yang saat ini dianggap tepat dalam konteks pembelajaran Akidah Akhlak adalah pendekatan kontekstual. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru Akidah Akhlaq, dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengimplementasian pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Akidah Akhlak peserta didik VI B MI Ma’arif NU Karangnangka yaitu melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan penutup. Pada proses perencanaan, guru akidah akhlaq membuat RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran), lalu diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran inti, dan di evaluasi. Selain itu, terdapat kendala-kendala dalam pengimplementasian pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yaitu seperti sarana dan prasarana yang kurang memadai, dan perbedaan karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), Implementasi, Pendekatan Pembelajaran
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Firman Rosyadi sdr
Date Deposited: 18 Apr 2024 01:53
Last Modified: 18 Apr 2024 01:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23897

Actions (login required)

View Item View Item