PESAN DAKWAH DALAM LIRIK LAGU SEWU SIJI CIPTAAN DIDI KEMPOT (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDER PEIRCE)

Fiki Fajriatun, Azizah (2024) PESAN DAKWAH DALAM LIRIK LAGU SEWU SIJI CIPTAAN DIDI KEMPOT (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDER PEIRCE). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FIKI FAJRIATUN AZIZAH_NILAI DAKWAH DALAM LIRIK LAGU SEWU SIJI CIPTAAN DIDI KEMPOT (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDER PEIRCE).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ada banyak musisi yang karyanya mengandung pesan kebaikan salah satunya adalah Didi Kempot. Salah satu lagu ciptaan Didi Kempot yang berjudul Sewu Siji telah didengarkan 6,6 juta kali per 24 Maret 2024 dan mengundang beberapa komentar dari pendengarnya mulai dari pujian lagunya yang cukup dalam dan menyentuh hati, nasihat untuk berbakti, penyesalan kepada orang tua, komentar kalimat maaf kepada orang tuanya hingga komentar memohon keselamatan orang tua kepada Allah SWT. Banyaknya pendengar dan komentar-komentar tersebut menjadikan lirik lagu ini menarik peneliti untuk diketahui secara mendalam pesan dakwah yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan dakwah yang terdapat pada lirik lagu Sewu Siji ciptaan Didi Kempot menggunakan analisis Semiotika Charles Sander Peirce Jenis studi yang diaplikasikan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan atau library research dengan menggunakan pendekatan kualitatif analisis semiotika Charles Sander Peirce melalui teori tipologi tanda yaitu: Sigh, Interpretan, dan Object dengan Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa lagu Sewu Siji ini memiliki pesan dakwah yang terkandung berupa pesan akidah, syariah dan pesan akhlak. Pesan akidah yang terkandung berupa perintah mengimani keesaan Allah SWT dan selalu memujiNya. Pesan syariah yang yang terdapat pada lagu ini berupa pesan untuk berdoa kepada Allah SWT sebagai bentuk ibadah, permintaan dan permohonan pertolongan, serta menyebut dan memuji Allah SWT di siang maupun malam. Pesan akhlak yang terkandung yaitu pesan untuk berbakti kepada orang tua, bersikap lemah lembut kepada orang tua dan mengingat bahwa surga seorang anak ada di bawah telapak kaki orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah, Lirik Lagu, Semiotika Charles Sander Peirce
Subjects: 2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.1 Iman Kepada Allah
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
700 The arts > 780 Music
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fiki Fajriatun Azizah sdri
Date Deposited: 18 Apr 2024 01:52
Last Modified: 18 Apr 2024 01:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23894

Actions (login required)

View Item View Item