KONSEP KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KITAB IHYA ULUMUDDIN KARYA IMAM GHAZALI (KAJIAN JUZ I BAB V)

Ahmad Fakhri, Nurfaiz (2024) KONSEP KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KITAB IHYA ULUMUDDIN KARYA IMAM GHAZALI (KAJIAN JUZ I BAB V). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-AHMAD FAKHRI NURFAIZ-2017402085-PAI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepribadian guru yang masih kurang dalam memenuhi kompetensi kepribadian guru. Disamping itu, pada kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Ghazali disebutkan terkait tugas-tugas menjadi guru yang memiliki kepribadian menyenangkan. Hal ini dapat menginspirasi siapa saja yang mengkaji kitab tersebut. Sudah seharusnya sebagai seorang guru terlebih guru yang mengajarkan agama islam berkepribadian yang menyenagkan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lebih mengenai kepribadian yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam kitab Ihya Ulumuddin pada juz I bab V yang merupakan karangan Imam Ghazali. Dalam metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian kepustakaan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penulis dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data dokumentasi yakni dengan cara mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan fokus penelitian. Sedangkan cara menganalisis datanya menggunakan data analisis isi, yakni mengkaji lebih dalam dari teks tertentu secara obyektif dan sistematis. Dalam penelitian ini menggunakan kitab Ihya Ulumuddin yang merupakan salah satu kitab karangan Imam Ghazali dari Persia sebagai orang pembela islam dan pembaharu abad kelima sehingga Imam Ghazali terkenal dengan gelar Hujjatul Islam dan Mujaddid Al- Qarn Al-Khamis. Kitab Ihya Ulumuddin merupakan kitab tasawuf yang memiliki prinsip mensucikan jiwa. Kitab Ihya Ulumuddin kini dijadikan rujukan utama kajian islam khususnya bidang tasawuf. Hal ini tidak lepas dari bahasa yang digunakan termasuk sederhana serta mudah untuk dipahami karena Imam Ghazali menulis kitab Ihya Ulumuddin dengan urutan pembahasan yang sistematis. Selain itu, pada kitab Ihya Ulumuddin terdiri dari empat puluh bab kemudian dikelompokkan menjadi empat juz. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep kepribadian guru pendidikan agama islam yang terdapat pada kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Ghazali pada juz I bab V terdiri dari beberapa pembahasan diantaranya yaitu menjadi guru yang penyayang, guru yang meneladani Rasulullah SAW, guru sebagai penasehat, guru yang tegas, guru yang tawadhu, guru yang tidak egois, guru yang komunikatif dan menjadi guru teladan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep kepribadian, guru pendidikan agama islam, kitab Ihya Ulumuddin (Juz I Bab V)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Fakhri Nurfaiz sdr
Date Deposited: 05 Apr 2024 06:44
Last Modified: 05 Apr 2024 06:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23887

Actions (login required)

View Item View Item