PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN BERBASIS HURUF BRAILLE BAGI ANAK TUNANETRA DI SLB N MANDIRAJA BANJARNEGARA

Zahratul, Jannah (2024) PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN BERBASIS HURUF BRAILLE BAGI ANAK TUNANETRA DI SLB N MANDIRAJA BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ZAHRATUL JANNAH_PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN BERBASIS HURUF BRAILLE BAGI ANAK TUNANETRA DI SLB N MANDIRAJA BANJARNEGARA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran BTA bagi peserta didik tunanetra hanya sebatas menghafal dan mendengarkan penjelasan guru sehingga keterampilan praktek membaca dan menulis huruf hijaiyah belum terpenuhi. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan proses pemanfaatan media dalam pembelajaran BTA berbasis huruf braille bagi anak tunanetra di SLB N Mandiraja Banjarnegara 2) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan media dalam pembelajaran BTA berbasis huruf braille bagi anak tunanetra di SLB N Mandiraja Banjarnegara. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan temuan penelitian, pembelajaran BTA dilaksanakan satu kali dalam seminggu yaitu pada hari Senin. Sebelum pembelajaran, guru menyiapkan modul ajar terkait hijaiyah braille. Kemudian menyiapkan media berupa papan tulis braille, reglet, stylus, dan buku iqra braille. Peserta didik dibimbing guru secara bergantian mulai dari mengenal kode hijaiyah braille menggunakan papan tulis braille, reglet, stylus, hingga dapat membaca buku iqra’ braille. Setelah itu, guru mengadakan evaluasi berupa praktek mandiri yang dilaksanakan peserta didik untuk menulis dan membaca setiap huruf hijaiyah braille. Faktor pendukung proses pembelajaran berupa motivasi yang dimiliki guru. Faktor penghambatnya berupa perbedaan tingkat pemahaman yang dimiliki setiap peserta didik, motivasi belajar, dan kurangnya peran orang tua. Kata Kunci : Pembelajaran, Agama Islam, Media, Hijaiyah Braille, dan Anak Tunanetra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Agama Islam, Media, Hijaiyah Braille, dan Anak Tunanetra
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.346 Sekolah Luar Biasa (Difabel)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zahratul Jannah sdri
Date Deposited: 18 Apr 2024 01:30
Last Modified: 18 Apr 2024 01:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23878

Actions (login required)

View Item View Item