PENGGUNAAN METODE STORYTELLING DALAM PENDIDIKAN AKHLAKUL KARIMAH ANAK DI TPQ NURUL IMAN PAKUJATI KABUPATEN BREBES

Nurmaulida, Rinanda Hapsari (2024) PENGGUNAAN METODE STORYTELLING DALAM PENDIDIKAN AKHLAKUL KARIMAH ANAK DI TPQ NURUL IMAN PAKUJATI KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Nurmaulida Rinanda Hapsari_Penggunaan Metode Storytelling dalam Pendidikan Akhlakul Karimah Anak di TPQ Nurul Iman Pakujati Kabupaten Brebes.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Storytelling merupakan sebuah seni storytelling yang dapat digunakan sebagai sarana untuk menanamkan nilai-nilai pada anak yang dilakukan tanpa perlu menggurui sang anak.. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan metode storytelling dalam Pendidikan akhlakul karimah anak di TPQ Nurul Iman Pakujati. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode Storytelling dalam pendidikan akhlakul karimah anak di TPQ Nurul Iman Pakujati memiliki 3 tahapan. Tahapan tersebut berupa tahapan persiapan, pelasanaan, dan tahapan sesudah storytelling. Ditahapan persiapan guru mulai menyiapkan pembelajaran menggunaan metode storytelling dengan menentukan materi yang akan disampaikan lalu mempersiapkan metode pendukung, serta mempersiapkan media yang akan digunakan saat storytelling. Kemudian pada tahapan pelaksanaan guru memulai dengan membaca doa baru dilanjutkan mengenalkan tema yang akan diceritakan dengan menggunaan pendekatan naratif untuk mewujudkan proses pembelajaran sesuai yang telah direncanakan pada tahapan persiapan. Selanjutnya yaitu tahapan sesudah storytelling guru memberikan kesimpulan dari pesan yang ingin disampaikan dalam cerita dan sesekali memberikan pertanyaan kepada peserta didik yang berkaitan dengan storytelling yang telah disampaikan sebelumnya. Kata Kunci : Metode Storytelling, Pendidikan Akhlakul Karimah, Anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Storytelling, Pendidikan Akhlakul Karimah, Anak
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NURMAULIDA RINANDA HAPSARI sdri
Date Deposited: 02 Apr 2024 06:20
Last Modified: 02 Apr 2024 06:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23857

Actions (login required)

View Item View Item