ANALISIS PEMANFAATAN LANDING PAGE DALAM JUAL BELI ONLINE PERSPEKTIF FATWA MUI NOMOR 24 TAHUN 2017 (STUDI KASUS KOMUNITAS PADEPOKAN IKLAN PURBALINGGA)

Nimas Ayu, Septiani (2024) ANALISIS PEMANFAATAN LANDING PAGE DALAM JUAL BELI ONLINE PERSPEKTIF FATWA MUI NOMOR 24 TAHUN 2017 (STUDI KASUS KOMUNITAS PADEPOKAN IKLAN PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NIMAS AYU SEPTIANI_ANALISIS PEMANFAATAN LANDING PAGE DALAM JUAL BELI ONLINE PERSPEKTIF FATWA MUI NOMOR 24 TAHUN 2017 (STUDI KASUS KOMUNITAS PADEPOKAN IKLAN PURBALINGGA).pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Landing page adalah suatu halaman khusus yang digunakan untuk menawarkan sebuah produk ataupun jasa. Komunitas Padepokan Iklan Purbalingga merupakan salah satu komunitas yang memanfaatkan landing page dalam menjalankan usahanya. Sistem kerja di Komunitas Padepokan Iklan Purbalingga layaknya seperti Reseller. Mereka membeli produk ataupun menyetok barang dari supplier, lalu menjual kembali produk tersebut untuk mendapatkan keuntungan. Dalam memasarkan produknya, Komunitas Padepokan Iklan Purbalingga memanfaatkan sosial media untuk mengiklankan produknya dengan menggunakan perantara website buatan atau dalam hal ini dalam bentuk landing page. Pemanfaatan landing page dalam jual beli online merupakan salah satu media digital marketing yang aspek-aspek hukumnya perlu dikaji secara mendalam.Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pemanfaatan landing page dalam jual beli online di Komunitas Padepokan Iklan Purbalingga perspektif Fatwa MUI Nomor 24 Tahun 2017. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu bentuk penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku orang-orang yang diamati. Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris. Sumber data primer diperoleh melalui metode wawancara antara peneliti dan pihak yang terlibat langsung dalam pemanfaatan landing page untuk jual beli online di Komunitas Padepokan Iklan Purbalingga dan data sekunder dalam penelitian ini berupa fatwa MUI, buku-buku, jurnal penelitian, serta artikel yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan content analysis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan landing page dalam jual beli online di Komunitas Padepokan Iklan Purbalingga bertentangan dengan Fatwa MUI Nomor 24 Tahun 2017 dan jual belinya tidak sah, hal ini dikarenakan terdapat banyak celah untuk melakukan kecurangan serta kebohongan dalam pembuatan dan penyebaran informasi/konten dalam bentuk landing page. Mereka menyebarkan informasi untuk menutupi kesalahan, membenarkan yang salah dan menyalahkan yang benar, membangun opini agar seolah-olah berhasil dan sukses, menyembunyikan kebenaran serta menipu calon pembeli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Landing Page, Jual Beli Online, Digital Marketing, Fatwa MUI
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nimas Ayu Septiani sdri
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:40
Last Modified: 01 Apr 2024 04:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23849

Actions (login required)

View Item View Item