IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PROGRAM BOARDING SCHOOL DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BANYUMAS

Heni, Novita (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PROGRAM BOARDING SCHOOL DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Naskah Skripsi_Heni Novita_2017401083...pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program boarding school merupakan suatu program yang dijalankan oleh sekolah yang ingin memberikan ciri khusus dan pelayanan khusus kepada peserta didik guna menanamkan ilmu keagamaan dan juga membentuk karakter kepribadian yang lebih kuat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 pada program boarding school. Lokasi yang diteliti ialah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi serta subjek penelitian meliputi kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru asrama. Hasil penelitian tentang implementasi program baording school di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyumas, yaitu 1) perencanaan implementasi kurikulum program boarding school meliputi menganalisis tujuan, isi/materi, strategi pembelajaran, kelompok organisasi kurikulum, dan evaluasi. 2) pengorganisasian kurikulum 2013 program boarding school yaitu dengan mengalokasikan sumber daya manusia, menetapkan struktur organisasi asrama, proses perekrutan sumber daya manusia dalam program boarding school. 3) pelaksanaan implementasi kurikulum 2013 dalam program boarding school, berisi tentang pencapaian tujuan, pelaksanaan isi/materi, penggunaan strategi/metode, pelaksanaan evaluasi. 4.) Pengawasan kurikulum 2013 program boarding school dilaksanakan kepala madrasah/penanggungjawab program baording school dengan melakukan pengawasan langsung berupa peninjauan langsung ke lokasi kegiatan asrama, pengawasan tidak langsung berupa pemantauan melalui laporan dari masing-masing penaggungjawab kegiatan, pengawasan secara tertulis berupa monitoring melalui pengecekan dari laporan secara tertulis. 5) Evaluasi implementasi kurikulum 2013 program boarding school dalam bidang akademik berupa ketercapaian target kegiatan, non akademik berupa evaluasi yang dilakukan secara berkala dalam rapat pengurus yang dilakukan pada akhir bulan, akhir semester, serta ada evaluasi tahunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Boarding School, Kurikulum 2013, MIN 1 Banyumas
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Heni Novita
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:38
Last Modified: 26 Mar 2024 02:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23830

Actions (login required)

View Item View Item