Isna, Dwi Febriyanti (2024) MANAJEMEN PROGRAM LITERASI DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI DI BIMBA AIUEO KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
ISNA DWI FEBRIYANTI-Manajemen Program Literasi Dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini di BiMBA AIUEO Karanganyar.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Literasi dasar bagi anak usia dini, menjadi permasalahan serius yang masih belum menemukan titik terangnya. Oleh karena itu, menggencarkan literasi pada anak usia dini merupakan satu langkah konkret dalam mendukung program pemerintah. Hal ini tentu menjadi peluang besar bagi pendidikan tingkat biMBA, PAUD dan TK untuk lebih mempersiapkan dan menata program literasi pada anak usia dini. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana manajemen program literasi dalam menumbuhkan minat baca bagi anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah manajemen program literasi dalam menumbuhkan minat baca bagi anak usia dini. Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam melakukan analisis data, penulis menggunakan metode reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen program literasi untuk menumbuhkan minat baca anak usia dini di BiMBA AIUEO Karanganyar. Manajemen program literasi anak usia dini yang ada di BiMBA AIUEO Karanganyar, meliputi: (1) perencanaan, kegiatannya berupa menentukan metode, media dan bahan literasi, motivator yang handal, dan penentuan tema (2) pengorganisasian, mengorganisasikan sumber daya manusia, seperti pendidik, peserta didik, membagi tugas dan tanggung jawab pendidik, pembentukan divisi, pelibatan korwil, pembagian murid dalam beberapa rombel, pembagian durasi pembelajaran (3) pelaksanaan, berupa mengimplementasikan seluruh kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya (4) pengawasan dan evaluasi, dilakukan untuk menilai kinerja motivator serta pencapaian kemampuan literasi peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan manajemen program literasi yang ada di biMBA AIUEO Karanganyar sudah berjalan dengan baik. Serta hasil dari pelaksanaan program literasi adalah terbentuk dan meningkatnya minat membaca pada peserta didik biMBA AIUEO Karanganyar. Hanya saja terdapat sedikit perbaikan khususnya dalam fungsi pelaksanaan yaitu kurang memaksimalkan penggunaan bahan ajar dan media yang sudah disedikan. Kata Kunci: Manajemen, Literasi, Minat Baca Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen, literasi, minat baca anak usia dini |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Isna Dwi Febriyanti sdri |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 04:04 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 04:04 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23829 |
Actions (login required)
View Item |