METODE PEMBELAJARAN BAGI ANAK YANG MENGALAMI SPEECH DELAY DI TK PUTRA HARAPAN PURWOKERTO

Nalurita Uswatun, Chasanah (2024) METODE PEMBELAJARAN BAGI ANAK YANG MENGALAMI SPEECH DELAY DI TK PUTRA HARAPAN PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NALURITA USWATUN CHASANAH_METODE PEMBELAJARAN BAGI ANAK YANG MENGALAMI SPEECH DELAY DI TK PUTRA HRAPAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

METODE PEMBELAJARAN BAGI ANAK YANG MENGALAMI SPEECH DELAY DI TK PUTRA HARAPAN PURWOKERTO Nalurita Uswatun Chasanah NIM. 2017406039 ABSTRAK Anak speech delay merupakan anak yang mengalami keterlambatan dalam berbicara dan berkomunikasi. Metode pembelajaran yang efektif bagi anak tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan kategori anaknya. Beberapa metode pembelajaran yang efektif yaitu metode bercerita, metode tanya jawab, metode oral serta dengan melalui terapi wicara. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode pembelajaran bagi anak yang mengalami speech delay di TK Putra Harapan Purwokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskripsi dengan menggunakan studi kasus. Subjek dari penelitian ini yaitu guru kelas pintar, guru kelas reguler serta kepala sekolah. Objek penelitian ini yaitu metode pembelajaran bagi anak yang mengalami speech delay. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu teknik observasi, teknik dokumentasi dan teknik wawancara. Untuk melakukan analisis data digunakan teknik reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran bercerita, tanya jawab dan oral membantu kelancaran anak dalam mengembangkan bahasa mereka. Dalam praktikya dilapangan, ketiga metode tersebut memiliki keunikan tersendiri. Pada metode tanya jawab, anak anak ditanya secara langsung, artinya tidak ada penjelasan materi terlebih dahulu. Keunikan pada metode bercerita yaitu, anak disuruh untuk melanjutkan cuplikan cerita yang telah dibacakan sebelumnya. Untuk keunikan metode oral sendiri yaitu anak akan belajar meniup, untuk sebagian anak speech delay meniup merupakan salah satu kegiatan yang terbilang sulit dipraktikkan. Setiap harinya anak belajar di kelas reguler dan di kelas pintar untuk penekanan bahasanya. Media yang digunakan untuk menunjang proses pembelajaran diantaranya melalui media flash card atau gambar untuk melatih vokal mereka kemudian disediakan juga cermin artikulasi untuk melihat pergerakan mimic bibir apakah sudah sesuai ataukan belum sesuai. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Anak Speech Delay, Perkembangan Bahasa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Anak Speech Delay, Perkembangan Bahasa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nalurita Uswatun Chasanah sdri
Date Deposited: 23 Mar 2024 02:49
Last Modified: 23 Mar 2024 02:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23820

Actions (login required)

View Item View Item