PERAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PARTS UNTUK OPTIMALISASI KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK ISLAM AN-NUR BANCARKEMBAR

Hana Nur, Alifah (2024) PERAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PARTS UNTUK OPTIMALISASI KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK ISLAM AN-NUR BANCARKEMBAR. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
HANA NUR ALIFAH_PERAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PARTS UNTUK OPTIMALISASI KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK ISLAM AN-NUR BANCARKEMBAR.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu anak mudah bosan ketika sedang dalam proses kegiatan pembelajaran, kesulitan dalam belajar, menurunnya minat belajar serta kejenuhan pada anak yang berdampak pada kelangsungan pendidikan. Maka guru mempunyai peranan yang sangat penting yaitu untuk mencari ide-ide yang kreatif agar dalam proses kegiatan pembelajaran anak merasa tertarik. Dengan adanya kegiatan pembelajaran dengan media loose parts yang telah diterapkan dapat menghasilkan anak memiliki kreativitas yang tinggi. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi kasus subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas B1 dan siswa-siswi kelas B1 di TK Islam An-Nur Bancarkembar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam kegiatan pembelajaran dengan media loose parts antara lain adalah sebagai pendidik pada hal ini guru memiliki peran yang sangat andil dalam kegiatan pembelajaran terutama dalam hal mengarahkan dan memberikan pengajaran ketika proses kegiatan pembelajaran, peran guru sebagai pengasuhan dimana guru memberikan ajaran yang positif, membantu anak yang memiliki keterlambatan dalam menangkap materi pembelajaran dan membantu peserta didik yang mengalami kesulitan, peran guru sebagai sumber belajar dimana guru harus menyiapkan kegiatan pembelajaran secara matang agar dalam proses kegiatan pembelajaran tidak mengalami kendala, peran guru sebagai pembimbing dimana guru membimbing peserta didik, mengawasi dan memahami apa kemauan anak, memberikan solusi,menghargai hasil karya anak dan terus memberikan motivasi agar nantinya anak memiliki bekal kreativitas yang tinggi seperti pada tujuan yang dimiliki oleh TK Islam An-Nur Bancarkembar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran Guru, Media Loose Parts, Kreativitas, Anak Usia Dini.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 370.7 Research and Statistical Methods
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Hana Nur Alifah sdri
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:14
Last Modified: 20 Mar 2024 02:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23799

Actions (login required)

View Item View Item