PEMETAAN STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MEMPERKUAT KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA TUNADAKSA DI SLB NEGERI BANJARNEGARA

Mila, Cahyaningsih (2024) PEMETAAN STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MEMPERKUAT KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA TUNADAKSA DI SLB NEGERI BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_MILA CAHYANINGSIH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk memetakan strategi pembelajaran dalam memperkuat kemampuan pemahaman matematis siswa tunadaksa di SLB Negeri Banjarnegara. Pemahaman matematis merupakan landasan penting dalam pembelajaran matematika namun seringkali siswa kesulitan dalam memahami, bagi anak berkebutuhan khusus strategi pembelajaran menjadi faktor penting dalam memperkuat pemahaman matematis karena disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini yaitu berupa pemetaan strategi pembelajaran dalam memperkuat kemampuan pemahaman matematis siswa tunadaksa di SLB Negeri Banjarnegara. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah adalah siswa SMP dan SMA tunadaksa dan guru matematika SLB Negeri Banjarnegara. Sedangkan analisis data yang dilakukan oleh peneliti yaitu menggunakan metode reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan guru beragam dalam memperkuat pemahaman matematis siswa tunadaksa sesuai dengan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tunadaksa, Strategi Pembelajaran, Pemahaman Matematis
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mila Cahyaningsih sdri
Date Deposited: 18 Mar 2024 07:38
Last Modified: 18 Mar 2024 07:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23788

Actions (login required)

View Item View Item